Tak Ingin Terjadi Karhutla, Personil Koramil 06 Merbau Laksanakan Patroli

Tak Ingin Terjadi Karhutla, Personil Koramil 06 Merbau Laksanakan Patroli

Porospro.com - Serda Syahrul dan Pratu Rahmad, Babinsa Koramil 06/Merbau, melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada masyarakat di wilayah binaan seputaran Desa Bagan Melibur, Kecamatan Merbau. 

Kegiatan ini rutin dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya Karhutla di wilayah Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis.

Selain itu, tujuan dari kegiatan patroli dan sosialisasi ini adalah memberikan contoh dan mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan yang dapat menyebabkan kerugian bagi semua pihak di masa depan.

Serda Syahrul menjelaskan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat bahwa pembakaran hutan sangat tidak dianjurkan, terutama dalam pembukaan lahan dengan cara membakar. Tindakan tersebut tidak hanya merugikan, tetapi juga melanggar peraturan perundang-undangan dan dapat dijerat hukum.

"Patroli dan sosialisasi Karhutla di wilayah binaan yang dilakukan oleh Babinsa merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya yang ditimbulkan akibat Karhutla, baik dari segi kesehatan, ekonomi, maupun lingkungan," Ujarnya.

Serda Syahrul juga mengingatkan agar masyarakat lebih peduli dan aktif dalam mengambil langkah-langkah pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan. 

Dampak dari pembakaran hutan dan lahan sangat jelas, seperti kabut asap yang dapat mengganggu sistem pernafasan. Ia juga menekankan bahwa tindakan tersebut dapat dikenakan denda hingga miliaran rupiah dan ancaman hukuman penjara.

Dengan melibatkan masyarakat dalam upaya pencegahan Karhutla, diharapkan dapat mengurangi risiko kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut. 

"Kerjasama antara Babinsa dan masyarakat sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan serta melindungi kesehatan dan kehidupan masyarakat dari dampak yang merugikan akibat Karhutla," Tuturnya.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar