Monitoring Wilayah Rawan Karhutla Oleh Serka Suandi

Monitoring Wilayah Rawan Karhutla Oleh Serka Suandi

Porospro.com - Babinsa Kelurahan Mekarsari, Serka Suandi, melaksanakan kegiatan patroli Karhutla di wilayah yang rawan akan kebakaran hutan dan lahan, (22/7). Patroli ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini terhadap potensi kebakaran yang dapat merugikan lingkungan dan masyarakat sekitar.

Wilayah Jalan Samudra dipilih sebagai lokasi patroli karena teridentifikasi sebagai salah satu area rawan Karhutla. Selama patroli, Serka Suandi bersama anggota Koramil-01/Dumai dan masyarakat setempat melakukan pemantauan dan pengecekan kondisi lahan serta memastikan tidak ada aktivitas membakar lahan yang dapat memicu kebakaran.

Selain melakukan patroli, Babinsa juga menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat di wilayah Kelurahan Mekarsari tentang bahaya Karhutla. Serka Suandi memberikan penjelasan mengenai dampak negatif dari pembukaan lahan dengan cara membakar, seperti kebakaran hutan dan lahan yang dapat mengancam keselamatan, kesehatan, dan ekonomi masyarakat.

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan dan lingkungan, serta meminimalisir risiko kebakaran. Babinsa juga mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan aktivitas membakar lahan secara sembarangan tanpa memperhatikan aturan dan kondisi cuaca yang berpotensi menyebabkan kebakaran.

Dalam kesempatan itu, Babinsa juga mengajak masyarakat untuk selalu melapor kepada pihak berwenang apabila menemukan tanda-tanda aktivitas mencurigakan yang berpotensi menyebabkan kebakaran hutan dan lahan. Hal ini penting agar dapat segera diantisipasi dan ditangani sebelum berkembang menjadi bencana yang lebih besar.

Kegiatan patroli Karhutla dan sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk peran aktif TNI AD, khususnya Koramil-01/Dumai - Kodim 0320/Dumai dalam menjaga keamanan dan keselamatan lingkungan serta masyarakat. 

"Babinsa terus berkomitmen untuk bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat dalam upaya mencegah dan mengatasi kebakaran hutan dan lahan demi menjaga kelestarian alam dan kesejahteraan bersama," Ujarnya.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar