DPRD Riau: Soal Meningkatkan SDM untuk Kelola SDA, Coba Contoh Tiongkok

DPRD Riau: Soal Meningkatkan SDM untuk Kelola SDA, Coba Contoh Tiongkok

Porospro.com - Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau mendorong pemerintah melakukan inovasi untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Sehingga, SDM di Bumi Lancang Kuning ini tidak kalah saing dengan daerah lain.

Anggota Komisi V DPRD Riau, Marwan Yohanis, mengatakan bahwa perkembangan teknologi harusnya disambut dengan mempersiapkan SDM yang mumpuni. Ditambah lagi, Riau merupakan daerah yang memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) melimpah.

"Riau membutuhkan SDM yang andal dalam mengelola kekayaan SDA ini," kata Marwan, Senin (17/07/2023).

Dia menyebut, puluhan tahun yang lalu, minyak bumi di Riau menjadi tulang punggung keuangan negara, dan terjadilah eksplorasi besar-besaran. Sementara, SDA sudah berkurang baru kemudian muncul sekolah perminyakan.

"Kita ini saya katakan selalu terlambat, ketika minyak sudah mulai habis, baru kita buat sekolah perminyakan, harusnya hal seperti ini kita buat di awal-awal eksplorasi minyak dahulu," kata dia.

Lanjut Politisi Gerindra ini, hal yang sama juga terjadi di sektor perkebunan kelapa sawit. Masyarakat Riau hanya mampu mengelola SDA ini sebatas membuat Crude Palm Oil (CPO) saja.

"Sudah di-replanting sawit di Riau ini, kita belum mampu menggarap sektor hilirisasi sawit ini. Pemerintah kita tidak memikirkan bagaimana meningkatkan nilai tambah di sumber daya alam kita ini," kata dia.

Dia meminta pemerintah baik di tingkat daerah maupun pusat untuk belajar dari Tiongkok, yang memikirkan bagaimana SDM mereka bisa mengelola SDA yang ada.

"Kita harus sisi positifnya dari Tiongkok, mereka punya SDM yang miliaran jumlahnya, mereka memperjuangkan bagaimana anak bangsanya bisa bekerja. Kita harus melihat sesuatu dari sisi positif," jelasnya. (Advertorial)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar