Cuaca Panas Ekstrem, Ini Imbauan Dinkes untuk Masyarakat Inhil

Cuaca Panas Ekstrem, Ini Imbauan Dinkes untuk Masyarakat Inhil

Porospro.com, - Saat ini tengah menghadapi gelombang panas yang ekstrim dengan suhu mencapai rekor tertinggi 35 Derajat Celcius. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwasanya suhu panas dan terik yang terjadi di Indonesia merupakan bentuk variabilitas cuaca harian dan umum terjadi pada periode musim pancaroba.

Terkait hal demikian, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil), Rahmi Indrasuri SKM MKL memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh menghadapi cuaca panas ekstrem ini.

Dia mengatakan, selain mengganggu aktifitas keseharian, cuaca panas ekstrem ini juga dapat menganggu kesehatan pada masyarakat, terutama yang beraktivitas diluar rumah.

“Saat ini cuaca tidak menentu, terkadang hujan dan terkadang panas yang sangat ekstrem, Kami menghimbau masyarakat untuk melakukan segala persiapan untuk meminimalisir berbagai dampak cuaca panas bagi kesehatan,” katanya.

Untuk perlindungan dari dalam, kata Rahmi masyarakat diharapkan untuk memperbanyak minum air putih, jangan menunggu haus untuk mencegah dehidrasi.

Menjaga kebugaran tubuh yang bisa dilakukan dengan berbagai cara, dari mulai rutin berolah raga sampai mengonsumsi makanan yang sehat. Dengan menjaga kesehatan dan kebugaran, tubuh kita akan lebih kuat dalam menghadapi cuaca ekstrem.

"Di cuaca yang panas seperti ini kita tetap disarankan untuk berolahraga menjaga daya tahan tubuh, namun apabila ingin melakukan aktivitas fisik/olahraga, lakukan di dalam ruangan untuk meminimalisir potensi heatstroke ataupun dehidrasi," ucap Rahmi.

"Panas terik seperti yang terjadi saat ini sangat perlu untuk kita waspadai, karena tubuh akan rentan mengalami masalah kesehatan seperti dehidrasi, Heat Stroke dan gangguan kesehatan lainnya," lanjutnya.

Terakhir ia mengingatkan masyarakat untuk mengurangi aktifitas di luar ruangan ketika cuaca panas berlebih.

"Kurangi aktivitas di luar ruangan dan segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit akibat cuaca panas, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin," pungkanya.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar