DPRD Riau Beri Himbauan soal Ditemukannya Warga Pekanbaru Suspek Rabies

DPRD Riau Beri Himbauan soal Ditemukannya Warga Pekanbaru Suspek Rabies

Porospro.com - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru menyebutkan saat ini ada satu orang warga di Kelurahan Palas yang menjadi suspek dan dicurigai positif rabies akibat digigit hewan peliharaan.

Melihat hal ini, Anggota DPRD Riau daerah pemilihan (Dapil) Kota Pekanbaru, Ade Hartati Rahmat mengimbau, bagi warga yang memiliki hewan peliharaan untuk memiliki kesadaran agar memvaksinasi hewan tersebut.

"Melihat rabies ini berasal dari hewan peliharaan, jadi kita mengimbau kepada seluruh masyarakat yang memelihara hewan agar memberikan vaksin rabies, kan gratis," kata Ade, Senin (1/8/2023).

Legislator Fraksi PAN ini juga meminta perhatian dan peran Pemerintah dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya rabies jika menyerang manusia.

"Kita minta pemerintah ikut berperan, lakukan pendataan dan berikan sosialisasi kepada warga yang memiliki hewan peliharaan," ucapnya.

"Dan kepada masyarakat juga kita imbau untuk mengawasi lingkungan bermain anak-anak, karena ditakutkan hewan tersebut menyerang anak-anak kita," pungkas Ade.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mengimbau, bagi warga yang digigit hewan peliharaan dan dikhawatirkan terjangkit rabies, mereka bisa mendapatkan Vaksin Anti Rabies (VAR) secara gratis di seluruh puskesmas.

"Jadi apabila tergigit hewan peliharaan, segera melapor ke puskesmas terdekat, karena kita baik Diskes kota maupun provinsi sudah menyiapkan vaksin anti rabies," kata Kepala Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih, Selasa (1/8/2023).

Dikatakan Zaini, rabies merupakan virus yang ditularkan akibat gigitan hewan peliharaan seperti kucing, anjing dan kera yang terjangkit rabies. (Advertorial)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar