Inilah Catatan DPRD Riau Jelang Festival Pacu Jalur Narosa

Inilah Catatan DPRD Riau Jelang Festival Pacu Jalur Narosa

Porospro.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau baru-baru ini meluncurkan Kalender Event Pariwisata 2023 yang mencakup berbagai acara menarik. Salah satu acara unggulan dengan jenama "Riau The Homeland of Melayu" adalah Pacu Jalur yang akan digelar di Tepian Narosa, Kabupaten Kuantan Singingi pada Bulan Agustus 2023.

Anggota DPRD Riau dari daerah pemilihan (Dapil) Inhu-Kuansing, Mardianto Manan, menegaskan pentingnya pergelaran ini berjalan dengan baik. Ia menyadari bahwa event ini sangat dinantikan oleh masyarakat lokal, nasional, bahkan mancanegara.

"Event ini harus terselenggara dengan baik, tanpa adanya kecurangan. Kemenangan harus ditentukan oleh keputusan juri dan wasit. Jangan sampai hal-hal yang meributkan antar kampung terjadi," kata Mardianto dengan tegas.

Terkait penataan acara, Mardianto menyoroti peran aktif yang harus dimainkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi. Ia menyadari bahwa kegiatan ini akan memberikan Multiplier Effect bagi daerah tersebut.

"Ini akan berdampak besar dalam Multiplier Effect. Diperlukan perencanaan yang matang dan pengelolaan yang baik. Jangan sampai ada masalah dengan penjualan dan parkir, sehingga setelah acara selesai, tidak muncul omongan yang tidak menyenangkan," katanya.

Mardianto juga menyarankan agar untuk mengisi kekosongan jadwal pada festival pacu jalur ini, Pemkab Kuantan Singingi dapat menghadirkan hiburan atau kesenian daerah. Hal ini akan memanjakan mata para pengunjung dan membuat mereka tidak merasa bosan menunggu.

"Pacu jalur dimulai pada jam 2, dan seharusnya dari pagi hingga menjelang jam 2 itu ada kegiatan yang menarik. Setelah pacu jalur selesai menjelang maghrib, di malam harinya sebaiknya diadakan acara seperti lomba rebana atau randai, agar para pengunjung memiliki lebih banyak pilihan selain hanya fokus pada pacu jalur," katanya.

"Dengan cara ini, orang-orang yang datang dari luar daerah akan merasa lebih terpuaskan dan akan berpeluang untuk menginap di penginapan, yang pada akhirnya akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," tambah Mardianto.

Diharapkan, dengan perhatian dan kerjasama dari berbagai pihak, acara Pacu Jalur dan rangkaian acara "Riau The Homeland of Melayu" lainnya akan menjadi sukses dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat dan daerah setempat. (Advertorial)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar