Soal Progres Ganti Rugi Lahan Pembangunan Flyover Garuda Sakti, DPRD Riau Bakal Panggil PUPR

Soal Progres Ganti Rugi Lahan Pembangunan Flyover Garuda Sakti, DPRD Riau Bakal Panggil PUPR

Porospro.com - Sekretaris Komisi IV DPRD Riau, Sugeng Pranoto mengatakan saat ini pihaknya tengah menunggu hasil komunikasi antara Dinas PUPR Riau dengan Kementerian PUPR terkait rencana pembangunan flyover Garuda Sakti.

"Dinas PUPR telah berjanji akan melaporkan hasil komunikasinya dengan Kementerian PUPR. Kita akan menanyakan terkait apa-apa saja yang menjadi kendala di lapangan," kata Sugeng, Jumat (11/8/2023).

Sugeng menyebutkan pihaknya akan sesegera mungkin menggelar RDP guna mempercepat pembangunan flyover tersebut.

"Terkait anggarannya, kita tunggu dulu bagaimana dari PUPR. Apa yang menjadi tanggungjawab provinsi, apa harus dibantu di APBD Perubahan atau Murni, nanti tunggu RDP dulu," ucap Sugeng Pranoto.

"Yang pasti untuk fisiknya sendiri berada di Pemerintah pusat. Pokoknya tahun ini target kita sudah selesai mengenai ganti ruginya," tambahnya.

Sebelumnya, Pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR bersama dengan Pemerintah Provinsi Riau akan membangun flyover di Persimpangan Jalan Garuda Sakti, Pekanbaru. Pembangunan flyover tersebut untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi di persimpangan jalan itu terutama saat jam sibuk.

Dalam pembangunan flyover tersebut, pemerintah pusat akan membangun fisik flyover. Sedangkan pemerintah provinsi Riau bertugas untuk membebaskan lahan di sekitar lokasi pembangunan flyover.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Riau Kementerian PUPR T Yuliansyah mengatakan, saat ini pihaknya belum mendesain fly over garuda sakti tersebut. Pasalnya, untuk melakukan Detail Engineering Desain (DED) pihaknya masih menunggu pembebasan lahan dari Pemprov Riau.

"Belum didesainnya, karena saat ini masih menunggu pembebasan lahan oleh Dinas PUPR PKPP Riau. Terutama di kaki-kaki persimpangan jalannya," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan dokumen-dokumen sabagai bagian dari menyiapkan readiness criteria untuk diusulkan dalam program kegiatan.

"Karena itu desainnya baru akan kami mulai tahun depan," ujarnya. (Advertorial)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar