Pencegahan Karhutla di Kecamatan Merbau Terus Dilakukan Oleh Babinsa

Pencegahan Karhutla di Kecamatan Merbau Terus Dilakukan Oleh Babinsa

Porospro.com - Upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus digencarkan oleh Babinsa Koramil 06/Merbau dari Kodim 0303/Bengkalis. Dengan menggelar kegiatan patroli dan komunikasi sosial (komsos) secara rutin, Babinsa bertekad untuk mencegah potensi karhutla di wilayah binaannya.

Patroli kali ini dipimpin oleh Serka Eri Efrianto dan Praka Onki Alexander. Serka Eri memberikan penekanan pada pentingnya melakukan patroli dan pengawasan yang lebih ketat, serta menekankan larangan membuka lahan dengan menggunakan metode pembakaran.

Wilayah yang memiliki lahan kosong yang masih banyak dinilai sangat rentan terhadap terjadinya karhutla. Oleh karena itu, Serka Eri memperingatkan pentingnya tindakan pencegahan dalam mencegah karhutla yang dapat mengancam lingkungan dan keamanan.

Babinsa Koramil 06/Merbau telah bekerja sama secara sinergis dengan aparat di wilayah untuk menghimbau dan mengajak masyarakat agar selalu melakukan pencegahan dan antisipasi dalam menghadapi potensi kebakaran hutan dan lahan. Kegiatan ini berlangsung di Desa Mekar Sari, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Serka Eri menyampaikan harapannya bahwa melalui patroli ini, terjadinya karhutla dapat dicegah, khususnya di Desa Mekar Sari yang berada dalam binaan Koramil 06/Merbau. Upaya ini adalah bagian dari komitmen TNI AD dalam menjaga kelestarian lingkungan dan melindungi masyarakat dari ancaman karhutla.

Komsos juga menjadi bagian penting dari kegiatan ini. Melalui komunikasi sosial, Babinsa menjelaskan kepada masyarakat tentang bahaya karhutla, dampaknya terhadap lingkungan dan kesehatan, serta langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan bersama-sama.

"Dengan kerjasama antara Babinsa, aparat, dan masyarakat, diharapkan upaya pencegahan karhutla dapat berjalan efektif. Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan mencegah karhutla menjadi fondasi utama dalam menjaga keberlanjutan ekosistem serta keselamatan masyarakat di wilayah tersebut," Ujarnya.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar