Cegah Kangker Leher Rahim, Puskesmas Tembilahan Kota Canangkan Imunisasi HPV di SDN 023

Cegah Kangker Leher Rahim, Puskesmas Tembilahan Kota Canangkan Imunisasi HPV di SDN 023

Porospro.com,  - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tembilahan Kota, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) melangsungkan Pencanangan Imunisasi HPV (Humas Papilomavirus) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 023, Jalan Gunung Daek, Tembilahan Kota, Inhil, Rabu (16/08/2023).

Kegiatan ini ditujukan untuk mempercepat penurunan angka kesakitan dan kematian akibat kanker leher rahim atau kanker serviks.

Berdasarkan penyampaian Kepala Puskesmas Tembilahan Kota, dr. Hj. Dwi Agustina Fajarwati. MH, pencanangan imunisasi HPV berskala Nasional ini utamanya diberikan segera kepada anak-anak perempuan usia kelas 5 dan kelas 6 SD/MI/sederajat atau anak usia 11 sampai 12 tahun (bagi anak usia sekolah yang tidak bersekolah) untuk dosis pertama dan selanjutnya dosis kedua 6 sampai 12 bulan kemudian.

Dia menjelaskan bahwa imunisasi HPV ini sebenarnya imunisasi yang sudah lama dilakukan, tetapi sasaran untuk anak SD dari Kementerian Kesehatan baru dilaksanakan tahun ini. Imunisasi ini perlu dilaksanakan sesuai dengan rekomendasi dari seluruh Komite Ahli Imunisasi mengingat prevalensi atau kejadian Kanker Leher Rahim Atau Kanker Serviks itu nomor 2 tertinggi kejadiannya untuk perempuan.

"Vaksin HPV ini akan diberikan secara gratis dan sangat penting untuk melindungi anak perempuan dari kanker leher rahim atau kanker serviks. Imunisasi merupakan upaya yang paling murah. Kalau sudah kena kanker serviks sudah pasti mahal biayanya. Untuk itu, Kemenkes melakukan perluasan HPV secara nasional," ucap dr. Dwi.

Sementara itu. Kepala Dinkes Inhil, Rahmi Indrasuri SKM. MKL yang diwakili Sekertaris Dinkes Inhil, Mashudi ST menjelaskan pemberian imunisasi ini untuk mempertahankan kekebalan tubuh serta memperpanjang masa perlindungan pada anak yang mendapatkan imunisasi dasar.

"Saya mengajak kepada kita semua untuk berkomitmen mencegah kanker serviks dengan ikut berpartisipasi aktif dalan pelaksanaan imunisasi HPV. Juga jangan takut untuk mendapatkan imunisasi HPV, karena ini merupakan bagian upaya pemerintah dalam mencegah kanker serviks," pungkasnya sekaligus membuka Pencanangan Imunisasi HPV.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar