Dinkes Inhil Lakukan Pertemuan Peningkatan Kapasitas Tenaga Analisis Puskesmas dan RSUD Tahun 2023

Dinkes Inhil Lakukan Pertemuan Peningkatan Kapasitas Tenaga Analisis Puskesmas dan RSUD Tahun 2023

Porospro.com, - Dalam rangka penyegaran teknik pemeriksaan mikroskopik Tuberculosis (TB) di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhil melakukan pertemuan peningkatan kapasitas tenaga analisis Puskesmas dan RSUD Kabupaten Inhil tahun 2023.

Pembukaan pertemuan ini dipusatkan di Aula Hotel Harmoni disejalankan dengan pembukaan Sosialisasi KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) di Kabupaten Inhil dibuka langsung oleh Sekretaris Dinkes Inhil, Mashudi yang didampingi oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Inhil Devi Natalia, Senin (14/08/2023).

Mashudi menjelaskan data TB tahun 2023 ini masih ada 437 pasien yang belum dievaluasi, diharapkan dengan data tersebut bisa dilakukan follow up dengan pemeriksaan mikroskopis yaitu BTA atau prosedur untuk mendeteksi bakteri penyebab penyakit TB.

"Harapan kami kedepannya Tenaga Analis dapat melakukan pemeriksaan BTA bagi Pasien Tuberkulosis, keberhasilan pengobatan yang dinyatakan sembuh lebih banyak dari pada pengobatan lengkap, pelacakan kontak dari kasus mangkir bisa dengan cara melakukan Follow Up pada Pasien TB, melakukan pengiriman uji slide tiap triwulan dan melakukan pencatatan secara rutin di aplikasi SITB dan ETB 12 secara benar dan tuntas," katanya.

Terakhir, kepada peserta yang terdiri dari 30 peserta dari Puskesmas dan 3 orang peserta dari RSUD Mashudi menyampaikan ucapan terima kasih dan meminta agar para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya.

"Kepada seluruh peserta pertemuan saya berharap agar kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya bagi upaya Pencegahan dan pengendalian penyakit TB di Kabupaten Indragiri Hilir," pungkasnya.

Untuk diketahui, pemaparan materi dilanjutkan di Aula Hotel Harmona Inn di Jalan Kartini Tembilahan.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar