Positif Corona di Riau Bertambah Jadi 20 Orang, Satu Tenaga Medis

Positif Corona di Riau Bertambah Jadi 20 Orang, Satu Tenaga Medis

Porospro.com - Jumlah kasus positif virus corona atau Covid-19 di Provinsi Riau bertambah dari 16 menjadi 20 orang, Senin (13/4/2020). 

Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi menyampaikan, hari ini terdapat penambahan empat kasus positif corona.

"Hari ini terkonfirmasi empat positif Covid-19, jadi totalnya sudah 20 kasus. Pasien yang masih dirawat 16 orang, dua pasien sembuh dan dipulangkan, dan 2 pasien meninggal dunia," kata Yovi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin.

Yovi menyebutkan, pasien positif ke-17 berinisial MEH (51), warga Kota Pekanbaru. Pasien ini salah satu PDP yang meninggal dunia beberapa hari lalu. 

Pasien diketahui positif Covid-19 setelah dilakukan uji swab.

Untuk mengatasi penularan, kata Yovi, pihaknya telah melakukan rapid test terhadap keluarga dan orang yang pernah berkontak erat dengan pasien. Hasil semuanya negatif.

"Tapi akan kita lakukan uji swab. Pihak keluarganya juga akan dipantau karena sudah berstatus orang dalam pemantauan (ODP)," kata Yovi.

Dia melanjutkan, pasien positif ke-18 berinisial AS (30) adalah seorang tenaga medis di salah satu rumah sakit di Kabupaten Pelalawan. Saat ini pasien dirawat di RSUD Pelalawan.

Pasien AS, sambung Yovi, memang memiliki riwayat perjalanan dari Semarang pada tanggal 15 Maret 2020. Namun, pernah berkontak dengan pasien positif corona.

"Pasien AS ini merupakan kontak erat dari pasien positif Covid-19, yakni RBT (50) dan JG (58), yang didapat dari hasil tracing," sebut Yovi.

Dia menambahkan, pasien RBT dan JG pernah berobat di rumah sakit tempat AS bertugas, sebelum keduanya dibawa ke RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru. 

Kemudian pasien positif ke-19 berinisial IE (16), warga Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan. Saat ini ia sudah diisolasi dan dirawat di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru.

Yovi mengatakan, pasien IE ini sebelumnya juga berkontak dengan pasien positif corona, RBT dan JG. Hal ini diketahui setelah dilakukan tracing kontak.

Pasien ke-20 positif corona berinisial BB (71), warga Kecamatan Tampan, Kota  Pekanbaru. Pasien dirawat di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru.

"Pasien ke-20 juga memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit, yakni dari Jakarta pada tanggal 27 Maret 2020," kata Yovi.

Sementara itu, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 di Provinsi Riau sebanyak 12.874 orang. Yang telah selesai dipantau 19.015 dari total ODP 31.889 orang.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 243 orang. Pasien yang masih dirawat 123 orang, 102 dinyatakan negatif dan dipulangkan dan 18 orang meninggal dunia.

 

Sumber: kompas.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar