Dua Personil Koramil 06 Merbau Melaksanakan Patroli Cegah Karhutla

Dua Personil Koramil 06 Merbau Melaksanakan Patroli Cegah Karhutla

Porospro.com - Patroli rutin dan kegiatan komunikasi sosial (komsos) terus dilakukan oleh para Babinsa sebagai langkah pencegahan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Koramil 06/Merbau yang berada di bawah naungan Kodim 0303/Bengkalis. 

Kali ini, patroli dilakukan di lahan bergambut kering yang berada di Desa Mengkirau, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Serda K. Sinaga dan Serda C. J. Silalahi, dua Babinsa dari Koramil 06/Merbau, berkolaborasi dengan masyarakat dalam melaksanakan patroli di wilayah Desa Mengkirau. 

Saat patroli, mereka memberikan himbauan kepada masyarakat mengenai pentingnya peran aktif dalam mencegah dan menjaga potensi kebakaran hutan dan lahan. 

"Himbauan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kebakaran serta pentingnya menjaga lingkungan," Ujar Serda K Sinaga.

Serda K. Sinaga juga menjelaskan bahwa dalam setiap pelaksanaan patroli terkait karhutla, Babinsa selalu mengedepankan pesan himbauan kepada masyarakat yang mereka temui. 

"Himbauan tersebut menekankan kerjasama dalam menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, terutama di wilayah Desa Mengkirau yang dianggap rawan," Tambahnya.

Serda K. Sinaga juga menyoroti bahaya pembakaran hutan dan lahan, serta mencatat bahwa tindakan tersebut merugikan dan melanggar hukum. Dalam upaya mengedukasi masyarakat, Babinsa memberikan pemahaman tentang cara-cara aman dalam membuka lahan dan mengelola sumber daya alam, tanpa harus mengandalkan metode pembakaran.

Dengan adanya patroli ini, Koramil 06/Merbau berharap masyarakat dapat semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dari ancaman kebakaran hutan dan lahan. Kerjasama yang terjalin antara aparat militer dan masyarakat dalam upaya pencegahan ini menjadi modal penting dalam menjaga kelestarian alam serta kesejahteraan masyarakat lokal.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar