Sertu Sugianto Berkeliling, Sosialisasikan Pencegahan Karhutla

Sertu Sugianto Berkeliling, Sosialisasikan Pencegahan Karhutla

Porospro.com - Pada hari Sabtu, 2 September 2023, Koramil-01/Dumai yang berada di bawah naungan Kodim 0320/Dumai, melalui Babinsa Kelurahan STDI, yaitu Sertu Sugianto, kembali melaksanakan kegiatan patroli untuk mencegah potensi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Kegiatan ini dilakukan di wilayah yang dianggap rawan terjadinya karhutla, khususnya di RT 01 Kelurahan STDI, Kecamatan Dumai Barat.

Patroli Karhutla rutin ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Koramil-01/Dumai untuk mencegah terjadinya karhutla di wilayah hutan dan lahan. Melalui kegiatan ini, Babinsa berperan aktif dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat setempat. Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya membuka lahan dengan cara membakar, yang dapat menyebabkan kebakaran hutan dan lahan yang merugikan banyak pihak.

Sertu Sugianto sebagai Babinsa yang bertanggung jawab dalam kegiatan ini memberikan penekanan pada pentingnya menjaga lingkungan dan tidak menggunakan metode pembakaran yang dapat membahayakan. Ia juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara yang berisiko, mengingat wilayah ini dianggap rawan terhadap karhutla.

"Wilayah yang masih memiliki lahan kosong dengan tumbuhan dan vegetasi yang kering dinilai sangat rentan terhadap terjadinya karhutla. Oleh karena itu, upaya pencegahan seperti patroli dan sosialisasi kepada masyarakat sangatlah krusial," Ujarnya.

Dalam konteks ini, Babinsa berfungsi sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam menyampaikan pesan-pesan pencegahan kepada masyarakat. Pesan yang disampaikan adalah untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, dan sebaliknya, menggunakan metode yang lebih aman dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kegiatan patroli Karhutla dan sosialisasi ini berlangsung dengan tertib dan lancar. Masyarakat yang mendapat kunjungan dari Babinsa menyambut baik kedatangannya, dan pesan-pesan pencegahan yang disampaikan diharapkan dapat menjadi panduan untuk menjaga lingkungan dan mencegah potensi karhutla di wilayah tersebut. 

"Koramil-01/Dumai terus berupaya menjaga keamanan lingkungan serta keselamatan masyarakat dengan menjalankan kegiatan seperti ini secara rutin," Tambahannya.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar