Peninjauan Lokasi Yang Dinilai Rawan Karhutla Oleh Babinsa Koramil 06 Merbau

Peninjauan Lokasi Yang Dinilai Rawan Karhutla Oleh Babinsa Koramil 06 Merbau

Porospro.com - Dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Koramil 06/Merbau yang berada di bawah Kodim 0303/Bengkalis terus melaksanakan kegiatan patroli dan komunikasi sosial (komsos) dengan masyarakat. Kegiatan ini merupakan upaya rutin yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 06/Merbau guna menjaga wilayah agar terhindar dari ancaman Karhutla.

Patroli Karhutla kali ini dipimpin oleh Serda Edi Saputra dan Kopda Ricko Yuspranata, Mereka bergerak aktif ke wilayah Desa Mekar Delima, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti, yang dikenal sebagai wilayah rawan terjadinya Karhutla.

Selama patroli, Serda Edi Saputra memberikan penekanan kepada masyarakat untuk selalu melakukan patroli mandiri dan meningkatkan pengawasan terhadap wilayah sekitar mereka. Ia menekankan pentingnya tidak membuka lahan dengan cara membakar, tindakan yang bisa menjadi pemicu Karhutla.

Babinsa juga menghimbau agar masyarakat tidak membuang puntung rokok sembarangan, karena hal ini dapat menjadi penyebab potensial terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya Babinsa untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya Karhutla dan mengajak mereka untuk berperan aktif dalam pencegahan.

Kopda Ricko Yuspranata menegaskan bahwa patroli dan komsos Karhutla ini merupakan bagian dari kerja sama antara Koramil 06/Merbau dengan aparat wilayah lainnya. 

"Tujuan utamanya adalah untuk menggugah kesadaran masyarakat tentang bahaya Karhutla dan mendorong mereka untuk ikut berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan,"  Ujar Babinsa.

Melalui patroli ini, Koramil 06/Merbau berharap dapat mencegah terjadinya Karhutla, terutama di Desa Mekar Delima yang menjadi bagian dari wilayah binaannya. 

"Upaya pencegahan Karhutla ini merupakan wujud dari komitmen TNI dalam menjaga lingkungan dan keamanan wilayah serta melibatkan peran aktif masyarakat dalam menjaga kelestarian alam," Jelasnya.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar