Babinsa Sertu Boby Jelaskan Bahaya Karhutla Kepada Masyarakat

Babinsa Sertu Boby Jelaskan Bahaya Karhutla Kepada Masyarakat

Porospro.com - Sertu Boby Rahman, Babinsa dari Koramil 01/Dumai, terus menjalankan tugasnya dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya. 

Seperti terlihat Pada hari Rabu, 20 September 2023, ia melaksanakan patroli karhutla di wilayah yang rawan akan kebakaran hutan dan lahan, khususnya di Jalan Parit Sadak. Selama patroli, Sertu Boby Rahman memberikan sosialisasi kepada masyarakat setempat tentang bahaya membuka lahan dengan cara membakar.

Patroli karhutla rutin dilakukan oleh Babinsa sebagai bagian dari upaya pencegahan karhutla yang dapat mengancam lingkungan dan kehidupan masyarakat. Wilayah Jalan Parit Sadak merupakan salah satu daerah yang rawan terhadap kebakaran hutan dan lahan, terutama pada musim kemarau.

Sertu Boby Rahman menjelaskan kepada masyarakat tentang bahaya karhutla, termasuk dampaknya terhadap udara yang tercemar akibat asap, kerugian ekonomi, dan ancaman terhadap satwa liar. Ia juga menekankan pentingnya tidak membuka lahan dengan cara membakar, terutama selama musim kemarau.

Selama sosialisasi, Babinsa ini memberikan informasi tentang alternatif metode membuka lahan yang lebih aman, seperti menggunakan alat mekanis atau alat pemotong. Ia juga menyoroti hukuman dan sanksi yang dapat diberikan kepada pelaku yang membakar lahan secara ilegal.

Masyarakat yang menerima sosialisasi ini menyambut baik upaya Babinsa dalam memberikan pemahaman tentang bahaya karhutla dan cara-cara mencegahnya. Mereka berjanji untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar dan akan mengadopsi metode yang lebih aman.

Sertu Boby Rahman mengakhiri patroli dan sosialisasi dengan mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada dan melaporkan aktivitas yang mencurigakan yang dapat berujung pada kebakaran hutan dan lahan. 

"Saya berharap bahwa dengan kesadaran dan kerjasama bersama, wilayah ini dapat terhindar dari ancaman karhutla yang dapat merusak lingkungan dan kesejahteraan masyarakat," Jelasnya.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar