Kikicak, Kuliner Kueh Bersantan yang Kenyal dan Lezat dari Tembilahan

Kikicak, Kuliner Kueh Bersantan yang Kenyal dan Lezat dari Tembilahan

Porospro.com - Negeri Hamparan Kelapa Dunia memiliki beraneka ragam kuliner jaman dahulu yang hingga kini masih eksis salah satunya adalah Kue Kikicak berasal dari Suku Banjar, dan kuliner ini cukup terkenal di Inhil, Riau.

Kue Kikicak sepertinya terdengar cukup asih dikalangan generasi zaman sekarang. Dimana kuliner ini merupakan makanan khas yang dimiliki oleh suku Banjar kalimantan selatan yang tinggal di Indragiri Hilir. Biasanya kue ini bisa kita temukan diacara-acara bernuansa Islami, Adat dan juga perkumpulan keluarga besar yang datang berkunjung.

Adapun bahan yang digunakan untuk membuat Kue Kikicak terdiri dari, Tepung ketan, soda kueh, Gula pasir, Gula merah, Satu sendok makan Garam, Kelapa Tua dan juga untuk pewanginya dengan Daun pandan

Apabila semua bahan telah terkumpul, makan mulailah memasukkan tepung kedalam wadah dan jangan lupa tambahkan air secukupnya, garam serta tambahkan soda kuehnya.

Proses selanjutnya adalah menggiling adonan menjadi hingga berbentuk seperti Bola-bola, lalu parut kelapa tua sesuai yang diinginkan. Setelah selesai memarut kelapa jangan lupa untuk menambahkan air secukupnya agar tidak terlalu kental. masukkan pecahan telur dan aduk hingga merata dan hanya tersisa santan saja.

Langkah terakhir adalah, dengan memasukkan santan ke dalam panci, kemudian masukkan adonan yang telah di buat menjadi bulat seperti Bola-bola. Apabila adonan telah berada didalam panci jangan lupa untuk masukkan gula putih dan gula merah yakni sebagai pewarna makanan agar terlihat nikmat saat di santap.

Tunggu hingga beberapa menit sampai adonan tersebut mengapung diatas panci tandanya Kue Kikicak telah siap untuk disajikan. (Advertorial)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar