ANBK Mulai Dilaksanakan, Tapi Sebagian Sekolah Masih Numpang

ANBK Mulai Dilaksanakan, Tapi Sebagian Sekolah Masih Numpang
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Natuna H.Indra Joni

Porospro.com,Natuna _  Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, Umar Wirahadi Kusuma bersama BPMP Kepri meninjau pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Bunguran Timur Laut.Setiba di sekolah itu, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama tim Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kepri langsung menuju ruang pelaksanaan ANBK.

"ANBK ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dan MI mulai dari Senin 23 Oktober 2023," ungkap Umar di Ruang Kerjanya pada Selasa (24/10/2023).

Umar memaparkan, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Kabupaten Natuna akan dilaksanakan dalam dua gelombang.

"Gelombang pertama itu Senin sampai Selasa, gelombang kedua Rabu sampai Kamis. Hari pertama kita laksanakan di SDN 12 Bunguran Timur hari ini di SMPN 1 Bunguran Timur Laut," paparnya.

Umar menambahkan, keberadaan sinyal masih menjadi kendala pelaksanaan ANBK di Kabupaten Natuna.

"Dari 85 satuan pendidikan dasar di Kabupaten Natuna, sebanyak 39 sekolah masih menumpang, rata-rata kendala tidak tersedianya perangkat seperti komputer dan jaringan internet," terangnya.

Umar melanjutkan, nilai ANBK sejatinya tidak berdampak pada nilai raport siswa namun lebih kepada raport pendidikan disekolah itu sendiri.

"Maka jika ada siswa yang mendapatkan nilai di bawah rata-rata maka yang akan di berikan pembinaan bukan siswanya tetapi sekolahnya," tutup Umar. Sementara Bupati Natuna, menyampaikan ANBK menjadi penting karena akan membentuk mutu pendidikan yang baik di setiap sekolah.

"Kita berharap pelaksanaan ANBK di Kabupaten Natuna dapat berjalan dengan baik dan lancar," sebutnya.

Bupati juga berharap ANBK ini dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran di Kabupaten Natuna.

"Harapan utama kita adalah dengan adanya ANBK ini mutu pendidikan di Kabupaten Natuna dapat meningkatkan dan menjadi lebih baik lagi," imbuhnya.

Ia menambahkan, ANBK merupakan program untuk mempersiapkan siswa menuju era digital. Pasalnya, ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud.

"program ini juga akan menggantikan ujian nasional," tutupnya.  (eko)


Tulis Komentar