Sertu Sugianto Harapkan Kerjasama Masyarakat Untuk Mencegah PMK

Sertu Sugianto Harapkan Kerjasama Masyarakat Untuk Mencegah PMK

Porospro.com - Babinsa Koramil 01/Dumai - Kodim 0320/Dumai, Sertu Sugianto, melaksanakan sosialisasi pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di RT 011 di peternakan milik Urip, Kelurahan STDI, Kecamatan Dumai Barat, Minggu (10/12).

Dalam sosialisasi tersebut, Sertu Sugianto menyampaikan bahwa PMK merupakan penyakit hewan menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini dapat menyerang hewan berkuku genap, seperti sapi, kerbau, domba, kambing, dan babi.

"PMK dapat menyebabkan hewan mengalami demam, keluar air liur berlebihan, luka di mulut dan kuku, hingga kematian," kata Sertu Sugianto.

Ia menjelaskan, bahwa penularan PMK dapat terjadi melalui kontak langsung dengan hewan yang sakit, kontak dengan benda yang terkontaminasi virus PMK, atau melalui udara.

"Untuk mencegah penyebaran PMK, kita harus menjaga kebersihan kandang dan hewan ternak," Jelasnya 

Sertu Sugianto juga mengingatkan kepada Urip untuk selalu memperhatikan kebersihan kandang dan hewan ternaknya. Jika ditemukan gejala PMK, segera hubungi petugas kesehatan hewan.

"Jika ditemukan gejala PMK, segera isolasi hewan tersebut dan laporkan kepada petugas kesehatan hewan," Ujar Babinsa.

Kegiatan sosialisasi ini mendapat apresiasi dari Urip. Ia mengaku sangat terbantu dengan adanya sosialisasi ini.

"Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Babinsa yang telah memberikan sosialisasi tentang PMK. Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi saya," kata Urip.

Kegiatan sosialisasi pencegahan PMK ini akan terus dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 01/Dumai - Kodim 0320/Dumai di wilayah binaan.

Selain itu, Sertu Sugianto juga memberikan penyuluhan kepada Urip tentang pentingnya menjaga kebersihan kandang.

"Kandang yang bersih akan membuat hewan ternak lebih sehat dan terhindar dari penyakit," Sampainya.

Urip mengaku sangat terbantu dengan penyuluhan yang diberikan oleh Babinsa. Ia akan segera menerapkan tips-tips yang diberikan oleh Babinsa untuk menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar