5 Fakta Tentang Vietnam yang Berhasil Melawan Virus Corona

5 Fakta Tentang Vietnam yang Berhasil Melawan Virus Corona

Porospro.com - Vietnam menjadi sorotan karena berhasil lockdown tanpa ada kasus meninggal karena Corona meski dari sisi geografis relatif dekat dengan China. Seperti apa sih negara ini?

Negara Vietnam dipuji karena menjadi salah satu negara yang tanggap menghadapi pandemi Corona. Pemerintah menerapkan karantina ketat sejak 12 Februari.

Masyarakat pun bekerja sama dan menutup semua kegiatan usaha. Meski baru 10 kasus Corona yang dilaporkan, tak ada yang coba-coba melanggar aturan pemerintah untuk keluar dari rumah.

Hasilnya, selama sepekan ini tak ada kasus Corona baru yang bertambah dan kebijakan social distancing pun dilonggarkan.

Sebenarnya seperti apa dan bagaimana sih negara yang satu ini? Dirangkum detikcom, berikut fakta-fakta tentang Vietnam.

1. Letak geografis

Vietnam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara, tetangga Indonesia. Luas negara ini 331,212 km persegi. Bentuk negara ini memanjang ke utara, di sisi timur Vietnam berbatasan dengan Laos dan Kamboja. Vietnam terdiri dari 58 provinsi dengan 5 kota yang dikendalikan secara terpusat.

2. Rumah mungil

Vietnam menduduki peringkat ke 15 sebagai negara terpadat dunia pada tahun 2018. Ini membuat rumah-rumah penduduknya cukup padat di kota.

Meski begitu, ada hal unik yang bisa dilihat dari rumah-rumah penduduk. Warga Vietnam memiliki rumah yang mungil namun menjulang tinggi. Lebar rumahnya hanya 4 meter saja, namun tingkatnya sampai 2-3 lantai.

3. Negara komunis

Asia Tenggara memiliki 2 negara komunis, salah satunya adalah Vietnam. Paham komunisme memfokuskan diri pada kepemilikan bersama. Tak ada kelas dalam masyarakat, semua orang memiliki tingkatan yang sama. Paham komunis juga berarti menganggap tidak adanya Tuhan. Ini bertentangan dengan ideologi Pancasila milik Indonesia.

Komunisme juga terlihat dari lambang bendera Vietnam. Vietnam memiliki lambang bintang berwarna kuning dengan dasar merah. Bintang melambangkan para buruh, petani, tentara, cendekiawan dan pemuda. Sedangkan warna merah melambangkan kejayaann dan revolusi.

4. Pariwisata

Vietnam berada di Semenanjung Indochina, tak dipungkiri, Vietnam memiliki pantai-pantai cantik sebagai tempat wisata. Sebut saja Ha Long Bay yang sungguh menawan. Teluk ini memiliki luas 1.500 km persegi di sebelah utara Vietnam. Cantik dan jadi kebanggan Vietnam, Ha Long Bay masuk dalam situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1994.

Selain Ha Long Bay, Vietnam punya wisata kota yang tak kalah menarik. Ho Chi Min, Ha Noi dan Sa Pa. Sa Pa yang paling berbeda.

Saat musim dingin, tak jarang Sa Pa mengalami salju. Hal ini dikarenakan letak Sa Pa yang berada di area pegunungan dan dekat dengan RRC.

5. Budaya

Kultur dan budaya mulai berkembang di Vietnam berasal dari China. Paham Konfusianisme dan Taoisme menjadi dasar politik dan berkembang dalam masyarakat.

Dalam kehidupan masyarakat, warga Vietnam sangat menghargai kemanusiaan dan keharmonisan. Nilai kekeluargaan selalu menjadi yang terpenting dalam mengambil solusi dalam suatu masalah.

Namun sejak tahun 1990-an, budaya barat masuk dan agama mulai diterima oleh warga Vietnam. Saat ini sudah banyak masyarakat Vietnam yang percaya pada agama. Mulai dari buddha, katolik, kristen, muslim hingga baha'i sudah banyak dipeluk oleh warga Vietnam.

 

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar