Monitoring Wilayah, Babinsa Koramil 06 Merbau Hampiri Masyarakat Tasik Putri Puyu

Monitoring Wilayah, Babinsa Koramil 06 Merbau Hampiri Masyarakat Tasik Putri Puyu

Porospro.com - Dalam rangka mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Kodim 0303/Bengkalis melalui Babinsa Koramil 06/Merbau melaksanakan monitoring di daerah rawan karhutla, khususnya di Desa Tanjung Padang, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kegiatan patroli ini dipimpin oleh Serda Edi dan Kopda Ricko. Dalam patroli tersebut, Babinsa dan masyarakat memantau langsung wilayah-wilayah rawan di Desa Tanjung Padang.

Babinsa menjelaskan bahwa berbagai langkah terus dilakukan dalam mencegah karhutla di desa binaan. Bahkan telah menjadi tugas rutin Babinsa untuk memberikan komunikasi sosial (komsos) kepada masyarakat akan ancaman dan bahaya karhutla.

"Kita susuri langsung wilayah hutan maupun perkebunan warga untuk melihat kondisi di lapangan sebagai antisipasi dalam tindakan pencegahan dari ancaman karhutla," kata Serda Edi.

Babinsa juga akan selalu mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan garapan. Hal ini dikarenakan sering terjadi karhutla akibat membuka lahan dengan cara dibakar.

"Membuka lahan dengan cara membakar merupakan tindakan yang sangat berbahaya dan dapat menimbulkan karhutla. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar," ujar Serda Edi.

Babinsa dan masyarakat berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya karhutla dan dapat mencegah terjadinya karhutla di Desa Tanjung Padang.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar