Konsistensi Babinsa Koramil 06/Merbau Dalam Menjaga Lahan Dari Karhutla

Konsistensi Babinsa Koramil 06/Merbau Dalam Menjaga Lahan Dari Karhutla

Porospro.com - Babinsa dari Koramil 06/Merbau, Serda A. Sihaloho dan Praka Y. Gulo, terus mengintensifkan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya. 

Kegiatan patroli dan komunikasi sosial (komsos) dilakukan secara rutin guna mencegah terjadinya karhutla di Wilayah Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis. 

Patroli kali ini berlokasi di lahan semak belukar dan bergambut kering Desa Tanjung Pisang Kecamatan Tasik Putri Puyu Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam setiap pelaksanaan patroli Karhutla bersama masyarakat, Babinsa selalu memberikan himbauan kepada masyarakat untuk bersama-sama peduli dalam menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Desa Tanjung Pisang, khususnya di titik-titik tertentu yang rawan terjadinya kebakaran. 

"Himbauan dan sosialisasi ini dimaksud agar masyarakat paham bahwa melakukan pembakaran hutan sangat tidak dianjurkan, apalagi membuka lahan dengan cara dibakar,"  Jelasnya.

Praka Y. Gulo menegaskan, patroli Karhutla dilakukan secara terus menerus bersama warga. 

"Komitmen kami dalam mencegah karhutla adalah nyata. Kami terus melakukan sosialisasi dan patroli untuk memastikan masyarakat memahami bahaya karhutla dan tidak melakukan tindakan yang dapat mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.

Serda A. Sihaloho juga menekankan bahwa pembakaran hutan tidak hanya merugikan lingkungan, tetapi juga melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

"Hal itu merupakan bentuk pelanggaran hukum dan dapat dipidanakan," tegasnya. 

Dengan konsistensi dalam patroli dan komunikasi sosial, Babinsa Koramil 06/Merbau berharap dapat menciptakan kesadaran kolektif masyarakat dalam menjaga lingkungan dan mencegah terjadinya karhutla.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar