Antisipasi Perang Ekonomi Dunia

Riau Diminta Jaga Harga Jagung dan Beras

Riau Diminta Jaga Harga Jagung dan Beras
Mendagri RI, Tito Karnavian

Porospro.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah, termasuk di Provinsi Riau untuk melakukan persiapan dan mengantisipasi terjadinya perang ekonomi dunia.

Menurutnya, situasi yang memanas antara Israel dan Iran akan memicu ketidakstabilan ekonomi dunia hingga Indonesia akan terdampak kenaikan angka inflasi.

Hal ini disampaikan saat menggelar koordinasi virtual l bersama kepala daerah, yang juga dihadiri langsung oleh Gubernur Provinsi Riau, SF Hariyanto, di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Senin, 22 April 2024.

Mendagri Tito Karnavian mengingatkan agar cepat melakukan pemeriksaan sebab-sebab kenaikan harga pangan.

"Kita mengimbau agar kepala daerah menjaga tingkat inflasi masing-masing daerahnya. Kalau ada terjadi inflasi, segera koordinasi antar stakeholder, cari tahu penyebab dan solusinya," ujarnya.

Kemudian, ia mengimbau agar kepala daerah memastikan pendistribusian beras dan jagung hasil panen raya dilakukan segera.

Masing-masing pemerintah juga harus mengontrol agar harga dua bahan pangan tersebut tidak mengalami kenaikan ataupun turun terlalu rendah.

"Untuk bahan pangan ini harus diatur harganya. Jangan sampai naik terlalu tinggi hingga menekan masyarakat, jangan pula terlalu anjlok sehingga petani mengalami kerugian," jelasnya.

Lebih lanjut, ia meminta seluruh jajaran, baik kementerian dan seluruh kepala daerah untuk membuat program jangka panjang pengendalian inflasi.

Di ingin semuanya bisa mengantisipasi inflasi dengan baik.

Sumber: riauonline.co.id

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar