Aleix Espargaro Umumkan Pensiun dari MotoGP

Aleix Espargaro Umumkan Pensiun dari MotoGP
Aleix Espargaro

Porospro.com - Pembalap Tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro mengumumkan dirinya akan pensiun dari ajang balap MotoGP. Tepatnya ia akan menggantungkan helm-nya usai MotoGP 2024 berakhir.

Ya, akhirnya perjalanan Espargaro selam 20 tahun berkarier di dunia balap profesional berakhir di usia 34 tahun.

“Aleix Espargaro mengumumkan bahwa dia akan pensiun akhir musim ini,” tulis keterangan resmi akun X MotoGP (@MotoGP), Kamis (23/5/2024).

Aleix Espargaro sendiri dikenal sebagai pembalap yang memiliki kebugaran luar biasa. Sejak menjalani debut profesionalnya pada tahun 2004 di kelas 125cc, menurut Speedweek, Aleix tercatat sudah membukukan 326 balapan.

Aleix mengawali kariernya sebagai profesional di kelas 125cc bersama Honda pada tahun 2004. Performa impresif membawa Aleix naik kelas ke 250cc pada tahun 2006. Kala itu, dia membela Wurth Honda BQR.

Satu tahun kemudian, Aleix direkrut oleh Aprilia hingga mendapatkan kesempatan untuk membalap di MotoGP pada 2009. Dia sempat berpindah-pindah tim mulai dari Ducati, Yamaha, hingga Suzuki sebelum kembali ke Aprilia pada 2017.

Namun, Aleix tak kunjung mendapatkan kemenangan pertamanya di kelas teratas. Dahaga kemenangan Aleix akhirnya tuntas setelah memenangkan balapan pertama di MotoGP Argentina 2022.

Setelah itu, performa pembalap asal Spanyol itu terus berkembang hingga sempat bersaing dalam perebutan gelar MotoGP 2022. Namun sayang, Aleix harus puas berada di posisi keempat pada akhir musim.

Pada musim 2023, Aleix kembali mencatatkan dua kemenangan plus satu podium. Musim ini, Aleix belum bisa memenangkan balapan atau podium pertamanya. Dia duduk di posisi kedelapan dari lima seri balapan di MotoGP 2024.

Sumber: okezone.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar