Babinsa Koramil 06/Merbau Gelar Patroli Untuk Cegah Karhutla di Desa Padang Kamal

Babinsa Koramil 06/Merbau Gelar Patroli Untuk Cegah Karhutla di Desa Padang Kamal

Porospro.com - Dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Babinsa Koramil 06/Merbau, Praka Yudi dan Pratu J. Hutagalung, bersama masyarakat Desa Padang Kamal, Kec. Pulau Merbau, melaksanakan komunikasi sosial (komsos) dan patroli. 

"Kami bersama masyarakat rutin melakukan patroli untuk memastikan wilayah kami bebas dari Karhutla," ujar Praka Yudi.

Selain menyusuri semak belukar, Babinsa juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga lingkungan. 

"Kami mengajak warga untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Ini sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kebakaran yang merugikan banyak pihak," kata Praka Yudi.

Kegiatan patroli Karhutla ini telah rutin dilakukan oleh Babinsa Koramil 06/Merbau untuk memastikan wilayah tugas mereka bebas dari aksi pembakaran hutan dan lahan. 

"Kami selalu berusaha untuk hadir di tengah masyarakat, memberikan sosialisasi tentang bahaya Karhutla," tambah Pratu J. Hutagalung.

Praka Yudi juga mengajak masyarakat untuk sesering mungkin melakukan patroli dan pengawasan lebih ketat. 

"Patroli rutin ini penting untuk mendeteksi dini potensi kebakaran. Kita harus proaktif dan tidak menunggu sampai terjadi kebakaran," tegasnya.

Babinsa menyampaikan ancaman pidana bagi siapapun yang dengan sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan. 

"Hukumannya jelas dan berat. Kami harap masyarakat sadar dan tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum," kata Pratu J. Hutagalung dalam wawancaranya.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar