Sambut Kunjungan Dewan Juri Inovasi Daerah, Ini Kata Plt Bupati Labuhanbatu

Sambut Kunjungan Dewan Juri Inovasi Daerah, Ini Kata Plt Bupati Labuhanbatu

Porospro.com - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd. MM menyambut kunjungan Dewan Juri Inovasi Daerah, Bapelitbang Provinsi Sumatera Utara dan Kementerian Dalam Negeri, di Ruang Rapat Wakil Bupati Labuhanbatu. Kamis (27/6/2024).

Dalam sambutannya, Plt Bupati mengucapkan selamat datang kepada para dewan juri lomba Inovasi Daerah di Kabupaten Labuhanbatu.

Dikatakan Plt Bupati, di Kabupaten Labuhanbatu tepatnya di kecamatan Bilah Hilir di aliran sungai bilah disitulah ikan gamak banyak dijumpai, ikan musiman ini kata orang tua kami dahulu adalah ikan yang banyak mengandung protein. Tentunya sangat baik untuk dikonsumsi karena kandungan proteinnya sangat baik untuk tubuh manusia.

“Oleh karena itu, Ikan Gamak menjadi salah satu Inovasi daerah kabupaten labuhanbatu,” kata Plt Bupati.

Plt Bupati berharap dengan masuknya beberapa Inovasi dari daerah Kabupaten Labuhanbatu ini, dapat berdampak positif dan membawa manfaat bagi masyarakat kabupaten labuhanbatu.

Untuk diketahui, Kabupaten Labuhanbatu masuk kategori inovasi daerah yaitu inovasi GASPUL (gerakan anti Stunting penurunan prevalensi Stunting untuk labuhanbatu) yg diprakarsai oleh dinas kesehatan kabupaten labuhanbatu.

Adapun inovasi yang dibawakan oleh kabupaten labuhanbatu yaitu Motan (mobil Stunting), Parenting (perpustakaan Stunting), Ranting (sekretariat Stunting), Maksum Ginting (gamak dimsum cegah Stunting), Lambang Catin (lapis torbangun cegah Stunting), Gema Stunting (nugget gamak cegah Stunting) dan Mie Daun Torbangun.

Dan saat ini validasi lapangan akan berlanjut ke Desa Tanjung Haloban Kecamatan Bilah Hilir untuk melihat proses pembuatan inovasi dan pemberian makanan kepada balita dan ibu hamil untuk penanganan Stunting.

Turut hadir Kepala Balitbang H. Zuhri SE, M.Si, Kepala Bappeda Hobol Z Rangkuti MM, Sekjen Dinkes, Tim penilai Independen Dhimas Wiratmoko,SP.,M.Sc, Bapelitbang Provsu Yanita.SE, Agus Ertiawan Debataraja,S.Kom, Boy Utomo Manalu,S.Ti, Ali Sahdi Harahap,S.Pd, Suprayogi,S.Kom dan Tamu Undangan Lainnya.(Jr)

 


Tulis Komentar