Babinsa Koramil 06/Merbau Gelar Patroli Karhutla di Desa Pangkalan Balai

Babinsa Koramil 06/Merbau Gelar Patroli Karhutla di Desa Pangkalan Balai

Porospro.com - Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Babinsa Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis, Sertu Muzainudin dan Praka Yudi, melaksanakan patroli di Desa Binaan. 

Kegiatan ini digelar pada Sabtu (6/7/2024) di Desa Pangkalan Balai, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Patroli dan komunikasi sosial (komsos) ini rutin dilakukan oleh Babinsa guna mencegah terjadinya karhutla di wilayah Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis. 

"Kami selalu melakukan patroli dan komsos untuk memastikan warga memahami bahaya karhutla dan sanksi yang diberikan jika melakukan pembakaran hutan," ujar Sertu Muzainudin.

Sertu Muzainudin memberikan penekanan terkait bahaya karhutla dan mengingatkan warga untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. 

"Kami meminta masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar karena risikonya sangat besar," tambahnya.

Ia juga menambahkan bahwa wilayah yang dinilai sangat rentan akan terjadinya karhutla adalah wilayah yang masih banyak lahan kosong. 

"Wilayah yang memiliki banyak lahan kosong sangat rentan terhadap kebakaran hutan dan lahan," ungkapnya.

Babinsa telah rutin melaksanakan patroli dan komsos di wilayah tersebut untuk menghimbau dan mengajak masyarakat melakukan pencegahan dan antisipasi jika terjadi kebakaran hutan dan lahan. 

"Kami terus mengedukasi warga tentang pentingnya pencegahan karhutla," jelas Sertu Muzainudin.

Patroli yang dilakukan ini mendapat respons positif dari masyarakat setempat. 

"Dengan adanya patroli dari Babinsa, kami merasa lebih aman dan lebih sadar akan bahaya kebakaran hutan," kata seorang warga.

Kegiatan ini diharapkan dapat menekan angka karhutla di wilayah tersebut dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan. 

"Kami berharap, dengan patroli dan komsos ini, masyarakat lebih memahami pentingnya menjaga lingkungan dan tidak melakukan pembakaran hutan," pungkas Sertu Muzainudin.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar