Kuliner Klepon Laris-manis di Warung Ujang Tembilahan

Kuliner Klepon Laris-manis di Warung Ujang Tembilahan

Porospro.com - Klepon dikenal pula sebagai onde-onde, adalah sejenis kue atau penganan kukus yang dibuat dari tepung ketan yang dibulatkan, diisi gula merah dan dibalurkan di atas kelapa parut hingga melekat.

Warung Ujang, lokasinya tepat di Lorong Palembang, Tembilahan (sekitaran Pasar Jongkok) menyediakan juga kuliner yang berbentuk bulat ini.

Mantapnya lagi, jajanan manisan ini laris manis, harga terjangkau, hanya Rp2000 perbungkus, isinya dua buah Klepon dengan ukuran cukup satu kali suap.

Membaca dari keterangan Wikipedia, asal-usul kudapan ini belum diketahui secara jelas. Namun, Klepon diduga berasal dari Jawa, tetapi dikenal pula secara meluas di wilayah-wilayah lain di Indonesia seperti Sulawesi dan Sumatera, termasuklah di Tembilahan Kabupaten Inhil.

Penganan yang termasuk kelompok jajanan pasar ini dikenal tidak hanya di Indonesia, melainkan di negeri Jiran seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Menurut pendapat lain, klepon atau onde-onde merupakan penganan khas Bugis, yang sudah dikenal setidaknya sejak abad ke-14 dan selalu hadir dalam upacara-upacara adat yang penting di daerah itu.

Namun pada intinya, penganan ini dianggap sebagai dessert atau kudapan pencuci mulut khas umum untuk masyarakat se Asia Tenggara. (advertorial)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: redaksiporospro@gmail.com Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar