Benarkah Kuning Telur Tinggi Kolesterol? Mitos atau Fakta

Benarkah Kuning Telur Tinggi Kolesterol? Mitos atau Fakta

Porospro.com - Telur dipercaya sebagai sumber protein terbaik. Sayangnya, bagian kuningnya juga diklaim mengandung kolesterol tinggi.

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kematian dini.

Di sisi lain, kolesterol juga penting bagi tubuh. Melansir Healthline, kolesterol membantu dalam pembentukan hormon steroid seperti testoteron, estrogen, dan kortisol

Organ hati ini sebenarnya telah menghasilkan kolesterol secara alami. Saat kita mengonsumsi makanan kaya kolesterol, hati akan memproduksi kolesterol lebih sedikit.

Kolesterol pada telur

Satu kuning telur ukuran sedang biasanya mengandung 186 miligram kolesterol, yang merupakan 62 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Sebaliknya, putih telur kaya akan protein dan rendah kolesterol. Itu sebabnya, bagian kuning telur di gadang-gadang sebagai penyebab berbagai penyakit.

Riset memang membuktikan konsumsi telur setiap hari bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Namun, peningkatan kadar kolesterol tersebut hanya terjadi secara ringan. Itu sebabnya, para ahli menyimpulkan batas aman konsumsi telur adalah tiga buah setiap hari.

Manfaat telur

Meski bisa meningkatkan kadar kolesterol, telur memiliki berbagau nutrisi yang kaya manfaatnya untuk kesehatan. Berikut manfaat telur untuk kesehatan:

1. Mengurangi gangguan mata

Telur kaya akan lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan sehat. Senyawa tersebut membantu mengurangi risiko penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak.

2. Membantu pertumbuhan sel

Telur juga kaya akan kolin, yang merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan semua sel dalam tubuh.

3. Meningkatkan massa otot dan kesehatan tulang

Kandungan protein dalam telur membantu peningkatan massa otot dan kesehatan tulang kita.

4. Membantu menurunkan berat badan

Protein dalam telur membantu mempertahankan rasa kenyang sehingga mengurangi nafsu makan.

 

Sumber: kompas.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar