Apa Saja Gejala Penyakit Ginjal yang Harus Kita Ketahui Sejak Dini?

Apa Saja Gejala Penyakit Ginjal yang Harus Kita Ketahui Sejak Dini?

Porospro.com - Penyakit ginjal bisa menyerang siapa saja tanpa menunjukkan gejala awal. Menurut Ketua Pengurus Besar Perhimpunan Nefrologi Indonesia, dr Aida Lydia, PhD, SpPD-KGH, banyak orang baru sadar menderita penyakit ginjal saat sudah masuk stadium yang parah.

"Sebagian besar orang tidak mengeluhkan gejala apapun sampai penyakit ginjal kronisnya memasuki stadium lanjut. Bahkan, fungsi ginjal dapat menurun hingga 90 persen sebelum gejala muncul," kata dr Aida Lydia, PhD, SpPD-KGH, Ketua Pengurus Besar Perhimpunan Nefrologi Indonesia seperti dikutip dari detikHealth.

Berikut ini gejala penyakit ginjal yang harus Anda ketahui menurut WebMD:

- Muntah atau sering merasa pusing
- Kencing lebih sering dari biasanya, atau lebih jarang
- Adanya pembengkakan, terutama pada pergelangan kaki, dan bengkak di sekitar mata
- Merasa lelah atau sesak napas sepanjang waktu
- Tidak nafsu makan
- Kram otot, terutama di kaki Anda
- Kulit sangat kering dan gatal
- Tidur kurang nyenyak
- Turun berat berat badan tanpa alasan yang jelas

Seorang anak dengan penyakit ginjal kronis mungkin juga merasa lelah dan mengantuk daripada biasanya. Selain itu memiliki nafsu makan lebih sedikit dari biasanya, dan tidak tumbuh seperti yang diharapkan.

Lalu kapan harus mengunjungi dokter?

Buat janji jika Anda melihat salah satu gejala yang tercantum di atas. Mungkin ada penyebab lain yang mungkin muncul, tetapi Anda harus mengunjungi dokter untuk mengetahui apa masalahnya dan perawatan apa yang Anda butuhkan.

Anda akan minum obat dan mungkin perlu mengubah pola makan Anda. Jika Anda juga menderita diabetes, hal itu perlu diperhatikan. Jika ginjal Anda tidak berfungsi lagi, Anda mungkin perlu cuci darah dan Anda dapat berbicara dengan dokter Anda apakah transplantasi ginjal akan membantu.

Untuk mengubah pola makan, dokter dapat memberi Anda diet khusus yang lebih rendah natrium, protein, kalium, dan fosfat. Diet ini membantu karena jika ginjal Anda rusak, lebih sulit bagi mereka untuk mengeluarkan nutrisi itu dari darah Anda. Diet khusus berarti ginjal Anda tidak harus bekerja keras.

Anda juga mungkin memiliki batasan pada seberapa banyak air yang bisa ada dalam makanan yang Anda makan, dan seberapa banyak Anda minum. Dokter Anda mungkin juga menyarankan Anda untuk mengonsumsi vitamin dan mineral dalam jumlah tertentu, seperti kalsium dan vitamin D.

Jika Anda memiliki diabetes atau tekanan darah tinggi, Anda harus mengikuti saran diet dokter.
Dengan diabetes, penting untuk membuat pilihan makanan yang tepat sehingga kadar gula darah Anda tetap terkendali sepanjang hari. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, Anda mungkin memerlukan diet rendah garam.

Jadi amati gejala penyakit ginjal Anda. Jangan sampai terlambat!

 

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar