Mengenal Open Relationship, Boleh Mendua Tapi Bukan Selingkuh

Mengenal Open Relationship, Boleh Mendua Tapi Bukan Selingkuh

Porospro.com - Open relationship atau hubungan terbuka yang tak lazim di Indonesia ini ternyata ada yang menjalaninya. Sebenarnya apa dan bagaimana open relantionship itu?

Istilah open relationship atau open marriage populer setelah digunakan penulis Nena O'Neill and George O'Neill dalam buku mereka Open Marriage yang dirilis pada 1972. Dalam buku tersebut, keduanya menjelaskan open marriage atau open relationship adalah sebuah hubungan di mana masing-masing pihak memiliki ruang untuk mengembangkan diri mereka dan mengizinkan satu sama lain membangun hubungan dengan orang lain.

Riset yang dilakukan National Opinion Research Center's General Social Survey mengungkapkan 4-5% pria dan wanita setuju dengan open marriage ini. Daripada diam-diam selingkuh, mereka memilih secara terbuka menjalin hubungan dengan orang lain selain pasangan di pernikahan tersebut.

Arti Open Relationship

Psikolog Meity Arianty STP., M. Psi menjelaskan lebih lanjut apa arti open relationship. Menurut Meity, open relationship adalah hubungan yang memperbolehkan masing-masing pihak untuk bercinta atau berhubungan seks dengan orang lain selain pasangannya.

"Hubungan ini bersifat konsensual atau terjadi atas persetujuan kedua pihak dalam pasangan tersebut. Hubungan ini diyakini tidak melibatkan perasaan. Dengan kata lain dia bisa bercinta dengan siapa saja tapi tidak boleh jatuh cinta ke orang tersebut. Bisa di bayangkan apa yang terjadi pada pasangan yang melakukan hal ini?" ungkap Mei saat dihubungi Wolipop, Jumat (18/9/2020).

Dalam menjalani open relationship ini pastinya pasangan yang terlibat memiliki aturan tersendiri. Kata Meity aturan open relationship tergantung dari pasangan yang menjalaninya.

"Mereka membuat aturan yang paling pas buat mereka. Misal tidak boleh cemburu, tidak boleh mengatur, tidak boleh melihat handphone pasangannya, tidak boleh membahas atau membandingkan dirinya dengan orang lain. Hanya boleh melakukan hubungan satu kali dengan orang yang sama, tidak boleh kencan dan melakukan hal romantis," jelas Mei.

Bahaya Open Relationship

Open relationship sendiri dianggap sebagai hubungan yang tabu di Indonesia. Selain tak sesuai dengan norma, hubungan terbuka ini juga berbahaya untuk pasangan menikah yang menjalaninya.

Bukan tidak mungkin muncul berbagai perasaan yang kemudian membuat pernikahan hancur. Misalnya saja perasaan bersalah dan berdosa sehingga pada akhirnya selalu berpikiran negatif, cemburu, curiga dan berburuk sangka pada pasangannya.

"Risiko terbesar dari open relationship ini adalah risiko penularan penyakit secara seksual," tukas psikolog yang merupakan dosen di Universitas Gunadarma itu.

Mei pun menegaskan dengan melihat pada risiko atau bahayanya, open relationship ini merupakan hubungan yang tak ada manfaatnya. "Secara umum saya katakan tak ada manfaatnya," pungkasnya.

 

Sumber: detik.com

 

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar