Bahaya atau Tidak Menjemur Pakaian di Dalam Ruangan?

Bahaya atau Tidak Menjemur Pakaian di Dalam Ruangan?

Porospro.com - Sebagian orang mungkin pernah menjemur pakaian basah di dalam ruangan. Entah karena tidak ada tempat untuk menjemur, atau mungkin karena aktivitas yang terburu-buru sehingga tidak sempat menjemur di luar ruangan.

Tentu beragam faktor bisa menjadi alasan, tetapi bahaya tidak sih menjemur pakaian di dalam ruangan untuk kesehatan?

Ahli paru-paru dari RS Persahabatan, dr Erlang Samoedro, SpP, menjelaskan bahwa menjemur pakaian dalam ruangan dapat mengakibatkan udara ruangan menjadi lembab.

"Jemur pakaian dalam ruangan memang ruangan jadi lembab, karena ada air maka ruangan jadi lembab," ujar dr Erlang saat dihubungi detikcom, Kamis (18/6/2020).

"Kalau berdampak ke pernapasan sih tidak, karena lembabnya itu tidak terus-menerus. Lain cerita kalau lembabnya terus-menerus maka yang tumbuh jamur. Bila itu terhirup jadi penyakit jamur di paru-paru," tambah dr Erlang.

Jika ingin menjemur pakaian di dalam ruangan, Professor David Denning dari National Aspergillosis Centre, Manchester, memberi saran untuk mencari tempat dengan ventilasi udara yang bagus.

"Saran saya adalah, jika kamu ragu untuk menjemur pakaian di luar ruangan, gunakan pengering baju atau jemur pakaian di tempat dengan ventilasi udara yang bagus jauh dari area keluarga dan tempat tidur. Lebih baik berhati-hati daripada nanti menyesal," tutup Denning.

 

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar