Mendag Diingatkan Soal Impor Sayur dan Bawang

Mendag Diingatkan Soal Impor Sayur dan Bawang
Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin

Porospro.com - Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin meminta Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mmengurangi impor barang dari luar negeri. Terutama sayur-sayuran yang mustinya tidak harus di impor.

"Dalam kondisi Covid-19 ini, kita minta Pemerintah mengurangi impor termasuk bawang dan sayuran. Saya sudah sampaikan ke Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto saat rapat dengan pimpinan DPD," kata Sultan, Jumat (19/6/2020).

Berdasarkan data BPS, kata Sultan, impor sayuran tahun 2019 mengalami kenaikan. Jenis sayuran yang terbesar adalah bawang putih, bawang merah, dan kentang industri.

"Komoditas ini adalah masuk dalam kelompok aneka sayuran," urainya. 

Selain soal barang impor lanjut sultan, dalam rapat tersebut tersebut juga dibahas mengenai nasib petani sawit dan karet.

Dimana harga ditingkat petani saat ini sangat anjlok lima tahun terakhir ini. 

"Kita ingin ada upaya lain untuk meningkatkan ketahanan para petani melalui pemanfaatan karet dan biji karet sebagai bahan baku nabati selain kelapa sawit," tandasnya.

Karena itu, Mendag harusnya mencari solusi bagaiman pemanfaatan unsur karet tersebut bisa digunakan untuk hal lain agar harga di masyarakat meingkat. 

"Walaupun pemerintah sudah berupaya untuk membeli dan menyerap karet petani, Sultan menilai pemerintah memang harus lebih serius mengurusi masalah ini," pungkasnya.

Sumber: riaupos.co

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar