Jokowi soal Tak Ungkap Sebaran Corona: Kita Berhitung Kepanikan Warga

Jokowi soal Tak Ungkap Sebaran Corona: Kita Berhitung Kepanikan Warga
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat soal pusat data nasional (Andhika Prasetia/detikcom)

Porospro.com - Peta sebaran pasien positif virus Corona (COVID-19) tidak diungkapkan pemerintah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan alasannya.
"Sebetulnya kita inginnya menyampaikan tapi kita juga berhitung mengenai kepanikan dan keresahan di masyarakat, juga efek nantinya pada pasien apabila sembuh," kata Jokowi Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (13/3/2020).

Jokowi pun menghargai negara-negara lain yang mungkin memiliki kebijakan lain. Namun dia memastikan bila Indonesia memiliki tim reaksi cepat yang langsung bekerja begitu ada informasi mengenai sebaran virus itu.

"Setiap negara saya kira memiliki policy yang berbeda-beda tapi yang jelas setiap ada cluster baru tim reaksi cepat kita sudah pasti memagari," kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan pemerintah tak banyak membuka informasi mengenai penanganan virus Corona karena menghindari kecemasan di masyarakat. Namun Jokowi menegaskan bukan berarti pemerintah tidak memberikan perhatian serius terhadap persoalan ini.

"Langkah-langkah serius telah kita ambil. Tapi di saat yang bersamaan kita tak ingin menciptakan rasa panik, keresahan di tengah masyarakat," ujar Jokowi.


Sumber : Detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar