Pengunjung GBK Tertib Antre Masuk Ring Road Minggu Pagi

Pengunjung GBK Tertib Antre Masuk Ring Road Minggu Pagi

Porospro.com - Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta kembali dipadati pengunjung yang ingin berolahraga di akhir pekan. Pagi ini terlihat masyarakat sudah antre masuk ke ring road.

Pantauan detikcom, Minggu (21/6/2020) pukul 07.35 WIB, terlihat antrean panjang di gerbang A GBK. Mereka hendak masuk di sesi 3 olahraga pukul 08.00-09.00 WIB.

Meski antrian panjang, pengunjung mengantre secara tertib dengan jarak 1,5 sampai 2 meter. Ada petugas polisi yang mengatur dan mengawasi pengunjung untuk tetap memakai masker dan berjaga jarak.

Ketika masuk, pengunjung diminta cuci tangan dengan hand sanitizer. Perjalanan masuk juga diatur jaraknya dan dihitung secara manual dengan hand tally counter untuk memastikan kapasitas hanya 1.000 orang.

Tidak terlihat pengguna sepeda atau anak-anak di bawah usia 12 tahun di area masuk dekat ring road. Warga yang tidak ikut mengantre terlihat berolahraga atau sekadar duduk santai di sekitar pintu gerbang.

Salah seorang warga, Aulia (24), tidak mempermasalahkan adanya pembatasan sesi olahraga. Dia menilai hal itu dilakukan demi mencegah adanya kerumunan.

"Menurut saya bagus-bagus saja ya karena kan buat keselamatan bersama juga. Dari awal masuk sini pengecekan juga lumayan intens, dari awal sudah dicek suhu, disinfektan, sama hand sanitizer. Kalau begini-begini wajar dibatasin karena kan kalau ramai-ramai kitanya nggak nyaman," tutur warga Mampang, Jakarta Selatan itu ketika ditemui di lokasi, Sabtu (21/6).

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, akan berlaku kembali pekan depan. Namun, Anies mengatakan belum ada yang boleh berjualan.

"Minggu depan akan bebas kendaraan bermotor tapi belum boleh berjualan, agar jarak amannya terjaga. Karena kalau naik sepeda dan jalan kaki bisa menjaga jarak aman. Tapi ketika berjualan itu potensinya padat, karena itu Minggu depan kita lakukan CFD hanya untuk olahraga. Minggu depan sepenuhnya untuk sepeda jalan kaki dan pelari yang berolahraga jalur ini full," kata Anies di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (14/6/2020).

Pemprov pun membuat aturan protokol kesehatan di sejumlah tempa umum termasuk di GBK.Berikut aturan baru masuk kompleks GBK:

1. Jam operasional dimulai pada pukul 05.00-20.00 WIB.

2. Akses masuk ke kawasan GBK melalui Pintu 5 dan Pintu 10. Untuk kendaraan bermotor roda empat diarahkan untuk parkir di Parkir Timur dan Parkir Selatan, sedangkan kendaraan roda dua diarahkan untuk parkir di halaman Istora dan Stadion Akuatik. Selanjutnya, akses keluar untuk seluruh kendaraan diarahkan melalui Pintu 8.

3. Area Ring Road Stadion Utama GBK hanya untuk pejalan kaki tanpa peralatan (misalnya sepeda, skateboard, scooter, dan/atau stroller).

4. Akses masuk pengunjung menuju Ring Road Stadion Utama GBK hanya melalui Pintu A yang akan dibuka-tutup secara berkala dan akses keluar melalui Pintu D, Pintu E, dan Pintu G.

5. Jumlah pengunjung Ring Road Stadion Utama GBK akan dibatasi secara bergiliran dengan jumlah pengunjung maksimal 1.000 orang dan waktu maksimal 1 (satu) jam per shift.

6. Pengunjung yang berusia kurang dari 12 tahun dan ibu hamil dilarang masuk ke kawasan GBK. Seluruh pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, antara lain pengecekan suhu tubuh di Pintu Masuk Utama dan ring road, cuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak fisik minimal 2 meter dan tidak bergerombol.

 

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar