Kades Blitar Bantu Seorang Ibu Melahirkan di Trotoar

Kades Blitar Bantu Seorang Ibu Melahirkan di Trotoar

Porospro.com - Aksi heroik dilakukan Kades Pasirharjo Kabupaten Blitar. Dengan sigap kades tersebut membantu proses persalinan seorang wanita di trotoar depan rumahnya.

Adalah Chusana Churori, yang sore itu baru pulang dari kantor. Belum sempat melepas seragam yang dipakai, Chusana mendengar wanita berteriak dari luar rumah. Chusana lalu lari keluar rumah dan melihat seorang wanita hamil duduk dengan tanda-tanda mau melahirkan.

Tanpa pikir panjang, dia lepas kemeja seragamnya dan membantu wanita itu melahirkan. Sementara sang istri yang ikut melihat, bergegas mendekat sambil membawa kain dan jarit untuk menutupi pemandangan para pemakai jalan.


Hanya berselang 5 menit, Chusana tampak menggendong bayi laki-laki yang masih terikat tali pusar ibunya. Dua warga sekitar tampak ikut membantu, merasa lega proses persalinan itu berjalan lancar.

"Kejadiannya kemarin, Rabu (24/6) sore. Rumah saya bersebelahan dengan rumah bidan Desa Pasirharjo. Rupanya bu bidan sedang tidak ada di rumah. Pasutri itu berjalan ke arah rumah saya mau minta nomor handpone bu bidan. Ternyata istrinya tidak kuat, ketubannya pecah saat berjalan menuju rumah saya," kata Chusana saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (25/6/2020).

Menurutnya, saat kejadian sebenarnya ada empat orang. Yakni, suami si ibu yang melahirkan, pemilik toko depan rumahnya dan seorang warga lain. Namun tidak ada yang berani menolong si ibu yang kondisinya sudah pecah ketuban. Apalagi kepala bayi sudah terlihat.


"Lha suaminya malah panik. Saya khawatir nanti kepala bayi terluka saat terjatuh di trotoar soalnya alasnya melahirkan hanya daster ibunya yang tipis. Akhirnya berani, tidak berani saya pegang sampai proses keluar semua bagian tubuhnya," ungkapnya.

 

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar