Termasuk Kelainan Seksual Mengintip Lewat CCTV, Ini Kata Psikolog

Termasuk Kelainan Seksual Mengintip Lewat CCTV, Ini Kata Psikolog

Porospro.com - Oknum karyawan Starbucks yang mengintip pelanggannya melalui kamera CCTV dikaitkan dengan salah satu kelainan seksual yang disebut voyeurism.

Sepintas, tindakan oknum karyawan tersebut mirip dengan gejala para pelaku voyeurism. "Kalau kayak gangguan memang mirip ciri-cirinya," kata Zoya Amirin kepada Antara, Jumat, 3 Juli 2020.

Namun untuk menentukan apakah pelaku memang mengidap voyeurism, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Terlebih belum banyak informasi yang diterima apakah oknum karyawan tersebut memang sering melakukannya berulang kali.

"Masalahnya, yang di Starbucks itu, kita hanya melihat satu kejadian di antara semuanya. Kalau cuma satu kejadian apakah dia selalu memanfaatkan CCTV untuk bisa terangsang," ujar wanita yang juga dikenal sebagai seksolog tersebut.

Bagi Zoya Amirin, apa yang dilakukan oknum karyawan tersebut dapat dikategorikan sebagai pelecehan seksual dan harus ditindak dengan tegas.

"Menurut saya dia bukan voyeurism. Dia istilahnya pervert (mesum). Kalau menurut saya itu termasuk pelecehan seksual, kalau kita bilang dia gangguan jadi seolah-olah harus direhabilitasi dan tidak bertanggung jawab atas apa yang diperbuat," tegas dia.

Zoya juga mengatakan seharusnya pihak Starbucks sebagai tempat oknum karyawan tersebut bekerja juga harus bertindak tegas dengan memproses secara hukum.

"Tidak hanya pecat aja sebenarnya. Harusnya di proses hukum. Starbucks bukan hanya soal memecat. Ini bukan hanya tindakan tidak profesional, tapi ini juga pelanggaran hak asasi manusia pelecehan seksual ini. Kalau dipecat nanti dia bisa kemana-mana," kata Zoya menegaskan.

 

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar