Pola Makan Sehat Wanita Seniman Tato yang Berusia 103 Tahun

Pola Makan Sehat Wanita Seniman Tato yang Berusia 103 Tahun

Porospro.com - Mahir membuat tato sejak 80 tahun lalu. Wanita seniman tato 103 tahun di Filipina ini bagikan rahasia panjang umurnya punya pola makan sehat.

Whang Od Oggay merupakan seniman tato tradisional tertua di Filipina. Whang tinggal di Provinsi Kalinga yang dikelilingi pegunungan di utara Filipina. Ia merupakan generasi terakhir Mambabatok, yaitu seniman tato dari Kalinga.

Dilansir dari News Lagoon (08/07), Whang tak hanya terkenal di Filipina tapi karya tatonya diburu oleh semua orang dari berbagai negara. Banyak orang yang datang ke Kalinga khusus untuk ditato oleh Whang.

Meski tinggal di wilayah pedalaman tapi Whang tetap sibuk melayani puluhan tamu yang datang. Semua orang mengagumi tato buatan Whang, karena ia adalah seniman tato terakhir di sana.

Berbeda dengan tato modern, Whang mengukir tato menggunakan bahan alami yang sederhana. Ia menggunakan duri dari pohon pmelo, kemudian ia menggunakan tongkat bambu, arang dan air. Walau menggunakan bahan sederhana semua hasil tato buatannya bersifat permanen.

"Teman-teman saya yang bekerja sebagai seniman tato suah meninggal semua. Kini hanya saya yang hidup dan masih membuat tato. Saya tidak takut tradisi tato ini akan berakhir, karena saya sudah melatih penerus saya," jelas Whang.

Ketika ditanya rahasia panjang umurnya di usia 103 tahun, Whang mengaku tidak menggunakan obat atau vitamin.

Ia hanya menerapkan pola makan sehat sejak dulu. Ia tidak menyantap makanan kaleng atau makanan kemasan. Whang juga mengurangi makanan berminyak dan makanan yang mengandung bahan pengawet.

"Saya tidak mengonsumsi makanan kaleng, makanan yang berminyak, serta makanan yang mengandung bahan pengawet," jelasnya.

"Saya hanya menyantap makanan organik yang alami. Seperti sayuran hijau, kacang, dan biji-bijian," pungkas Whang.

Karena pola makan sehatnya ini, Wang tampak awet muda dan banyak yang mengira bahwa Wang masih berusia 80 tahun.

"Apa benar usianya 103 tahun? Whang tampak muda seperti wanita berusia 70-80 tahun," puji seorang netizen.

"Saya memiliki misi untuk ditato oleh Whang, sang legendaris secara langsung suatu hari nanti," komen netizen lainnya.

Selain Whang ada juga nenek berusia 103 tahun yang masih segar bugar. Nenek bernama Jennie Stejna sempat viral, setelah merayakan kesembuhannya dari COVID-19 dengan minum bir.

 

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar