Pemerintah Didesak Lakukan Transformasi Pendidikan

Pemerintah Didesak Lakukan Transformasi Pendidikan

Porospro.com - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mendesak pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk segera melakukan transformasi pendidikan.

Hal ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya di era 4.0.

Transformasi pendidikan, kata Bamsoet untuk memperhatikan kualitas dan kuantitas guru/tenaga pengajar, dan kemampuan siswa dalam menyerap materi yang disampaikan oleh guru, dikarenakan peran guru/tenaga pengajar sangat berpengaruh terhadap pendidikan yang akan diterima oleh siswa di sekolah.

"Kemendikbud, harus berupaya agar guru dapat bersinergi melakukan perubahan-perubahan, serta memberikan fasilitas yang memadai maupun memberikan pelatihan untuk mengembangkan kemampuan guru, termasuk melalui remunerasi yang baik," kata Bamsoet, Rabu (8/7/2020).

Selanjutnya, mantan Ketua DPR RI itu juga mendorong Kemendikbud, untuk membentuk guru yang berkualitas melalui program-program pendidikan dan pelatihan, seperti pemberian pelatihan calon guru di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), dikarenakan guru mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mencerdaskan bangsa.

"Kedepannya, Kemendikbud juga harus memperbaiki pola rekruitmen guru agar dapat menjadi lebih baik dan optimal," timpalnya.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga harus melakukan update ilmu bagi guru. Sebab, saat ini banyak guru-guru yang belum mengerti teknologi padahal saat ini proses belajar mengajar harus dilakukan serba digital. 

"Menciptakan guru-guru juga dapat lebih melek teknologi dan siap menggunakan teknologi untuk pembelajaran. Terlebih lagi saat ini di tengah pandemi Covid-19 yang lebih banyak menggunakan teknologi untuk metode pembelajaran," tandasnya.

Sumber: riaupos.co

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar