Kabar Gembira! Pemerintah Siapkan Test Pack Corona Buat Warga

Kabar Gembira! Pemerintah Siapkan Test Pack Corona Buat Warga
Foto: testpack corona


Porospro.com - Pemerintah menyatakan sudah punya rencana menggelar drive-thru test Corona kepada masyarakat, atau meniru Korea Selatan. Hal ini sejalan banyaknya desakan tes virus Corona secara masif kepada warga dilakukan di Indonesia. 

"Sudah beberapa hari ini kita bicarakan mengenai hal tersebut," kata juru bicara Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, dikutip dari detikcom, Rabu (18/3/2020).

Dengan adanya drive-thru test Corona, warga bakal lebih mudah menjangkau tes tersebut. Korea bisa melakukan tes tersebut dengan ketersediaan test kit yang mereka produksi sendiri. Lalu bagaimana dengan test kit yang akan dipakai drive-thru tes Corona di Indonesia nanti? Yuri mengatakan test kit-nya juga berasal dari Korea.


"Kita sudah merencanakan dan membicarakan sekarang, karena kit-nya harus didatangkan dari Korea," kata Yuri.

"Secepatnya pasti, sebanyak mungkin," kata Yuri.

Dilansir dari BBC dan CNN, mekanisme drive-thru test Corona di Korsel sebenarnya sederhana dan memudahkan warga. Mobil yang dibawa orang yang hendak tes mendekat ke tempat tes. Di lokasi tes, sudah ada petugas berbaju hazardous material (hazmat) yang siap melakukan swab test ke tenggorokan pengemudi. Pengemudi tak perlu turun dari mobil.

Keunggulan drive-thru test Corona ketimbang tes swab di rumah sakit, pasien tidak perlu datang ke rumah sakit berkumpul dengan orang yang berpotensi kena Corona. Pelaksanaan tes lebih cepat, tiga hari bisa ketahuan hasilnya. Juga, titik tes bisa lebih banyak dan mudah dijangkau warga.

Ketua Yayasan Laboratorium Obat di Korsel Profesor Gye Cheol Kwon menjelaskan ada empat perusahaan yang mendapat izin pemerintah untuk membuat alat uji (test kit) di Korsel. Dengan demikian, Korsel kini punya kemampuan menguji 140 ribu sampel setiap pekan. Bandingkan dengan Indonesia, negara besar ini sejauh ini memeriksa 1.255 orang dalam tes Corona. Akurasi tes COVID-19 di Korsel sekitar 98 persen. BBC menuliskan Korsel adalah panutan dalam hal tes Corona.


Sumber : cnbcindonesia.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan

Pemerintah Hapus UN 2020


Tulis Komentar