TNI AL Patroli di Laut Aceh, Antisipasi Penyelundupan Narkoba-Imigran

TNI AL Patroli di Laut Aceh, Antisipasi Penyelundupan Narkoba-Imigran

Porospro.com - Pangkalan TNI AL (Lanal) Lhokseumawe menggelar patroli laut menyisir perairan Selat Malaka, Aceh, untuk mencegah penyelundupan sabu, senjata, dan imigran. Patroli digelar dengan memeriksa dan menelusuri kapal-kapal nelayan yang berada di sepanjang perairan.

"Selat Malaka merupakan choke points yang sangat strategis jalur pelayaran, di samping itu juga menjadi jalur perdagangan internasional yang memiliki lalu lintas terpadat. Namun, kondisi tersebut sangat rentan terhadap aksi kejahatan perompakan dan pembajakan," kata Komandan Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Muhammad Dimmy Oumry, Jumat (10/7/2020).


Patroli digelar pada Kamis (9/7) kemarin dengan menyisir garis pantai, dari perairan Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, Langsa, sampai Seruway, Aceh Tamiang, menggunakan kapal Angkatan Laut (KAL) Bireuen I-1-70. Dalam patroli tersebut, TNI AL menyambangi kapal-kapal milik nelayan.

"Tujuannya kita menggelar patroli juga untuk mengantisipasi penyeludupan senjata, narkoba, illegal immigrant, serta perompakan di laut," jelas Dimmy.

Menurutnya, salah satu fokus operasi laut tersebut juga untuk mencegah keluar-masuk WNI dan WNA dari jalur ilegal. Dimmy mengimbau warga Lhokseumawe dan sekitarnya menghindari melakukan migrasi ke negara tetangga atau membantu pelintasan WNA karena dapat mengganggu pencegahan pandemi COVID-19.

"Operasi yang digelar Lanal Lhokseumawe dapat berhasil, kalau terjalin kemitraan yang baik dengan masyarakat. Tentu sebelumnya dengan instansi terkait," ujarnya.

 

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar