Tips Bermain dengan Buah Hati yang Tak Harus Mahal

Tips Bermain dengan Buah Hati yang Tak Harus Mahal

Porospro.com - Bermain adalah salah satu aktivitas yang memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang seorang anak. Meski demikian, tidak semua orangtua mengetahui permainan apa yang baik untuk dilakukan oleh sang buah hati.

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, yuk cari tahu permainan apa yang baik dilakukan bersama buah hati. 

Ketua Ikatan Psikologi Klinis Indonesia, Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si, mengatakan bahwa proses bermain yang baik tidak harus mahal dan perlu dibeli. Para orangtua bisa membuat beragam benda atau memanfaatkan benda yang telah dimiliki sebelumnya sebagai sarana bermain yang menyenangkan.

“Misalnya menggunakan panci atau benda yang sebenarnya bukan mainan. Karena membuat sendiri mainan bisa jauh lebih murah dan proses dalam membuatnya tersebut sudah bisa menjadi permainan sendiri,” cetus Anna dalam acara ‘#mainyuk dari rumah bareng Paddle Pop’ Rabu 22 Juli 2020.

Anna juga mengimbau para orangtua untuk bertindak kreatif untuk memberikan permainan yang menyenangkan bagi buah hatinya.

Selain menyenangkan bagi sang anak, permainan tersebut juga dapat memberikan manfaat positif bagi sistem motoriknya.

“Coba kreatif dalam membuat banyak permainan, contoh story telling atau membuat roleplay. Bisa juga dengan memberikan permainan modern atau tradisional. Pokoknya cari permainan yang sekreatif mungkin bisa referensi dari internet atau dari mana saja,” sambungnya.

Lebih lanjut proses bermain sangat baik sekali dan memberikan manfaat yang besar apabila sang anak terlibat sendiri di dalamnya. Oleh sebab itu orangtua harus memberikan waktu bagi anak untuk memiliki waktu bermain.

“Tidak harus terus-terusan tapi memiliki keterlibatan dalam permainan anak sehingga akan timbul hubungan yang baik antara anak dan orangtua untuk membentuk karakter psikologinya,” tuntasnya.

Sumber: okezone.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar