Umat Islam Sholat Jumat Perdana di Hagia Sophia Hari Ini

Umat Islam Sholat Jumat Perdana di Hagia Sophia Hari Ini

Porospro.com - Hari ini, Jumat (24/7/2020) menjadi momen bersejarah bagi umat Islam di Turki. Ya, kaum muslimin di sana akan menunaikan Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia, sebuah bangunan bersejarah yang telah kembali beralihfungsi menjadi masjid setelah sebelumnya berfungsi sebagai museum di masa pemerintahan Mustafa Kemal Ataturk.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan lah tokoh yang memelopori perubahan status Hagia Sophia dari museum menjadi masjid. Ia sebelumnya mengatakan mosaik-mosaik Kristen tersebut akan ditutup tirai atau penerangan selama pelaksanaan Sholat Jumat.

Dalam beberapa hari setelah Pengadilan Istanbul mencabut status museum Hagia Sophia –membuka jalan untuk berubah menjadi masjid– Presiden Rusia Vladimir Putin menelepon Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Ia meminta jaminan atas kondisi mosaik-mosaik itu.

Para pemimpin Ortodoks Rusia juga menyatakan prihatin atas perubahan bangunan tersebut yang mereka gambarkan sebagai ancaman. Katedral Bizantium abad ke-6 itu tidak hanya terkenal akan keindahan arsitekturnya, tetapi juga mosaik besar yang menggambarkan Yesus, Bunda Maria, dan penguasa Bizantium. Mosaik tersebut menghiasi langit-langit bangunan Hagia Sophia.

Melansir dari laman VOA Indonesia, Pemerintah Turki telah mengundang sejumlah pemimpin dari berbagai negara untuk hadir dalam Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia besok. Diperkirakan 1.000 hingga 1.500 orang hadir dalam Sholat Jumat hari ini.

Kepala Direktorat Agama Turki, Ali Erba akan didapuk sebagai imam Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia. Sholat Jumat akan digelar dengan protokol kesehatan ketat untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19).

Para jamaah diwajibkan memakai masker, hand sanitizer, serta sajadah akan dibagikan kepada seluruh jamaah saat tiba untuk Sholat Jumat di Hagia Sophia.

Hurriyet Daily News melaporkan bahwa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan hadir dalam Sholat Jumat perdana besok bersama pemimpin Partai Gerakan Nasionalis (MHP) Devlet Bahceli, wakil, anggota Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa, serta para menteri.

Pemimpin negara lain yang diundang untuk Sholat Jumat di Hagia Sophia di antaranya Presiden Azerbaijan dan Qatar.

Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia ini nantinya akan disiarkan secara langsung oleh iNews melalui program iNews Siang pada pukul 11.00 WIB. Terdapat narasumber yang akan dihadirkan yaitu Ustadz Fahmi Salim selaku Wakil Ketua Dakwah MUI dan Andika Rahman Nasution WNI di Istanbul, Turki yang akan melaporkan langsung jalannya Sholat Jumat perdana di Hagia Sophia.

Sumber: okezone.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar