Crew Dragon Tiba ke Bumi dengan Selamat, NASAdan SpaceX Cetak Sejarah

Crew Dragon Tiba ke Bumi dengan Selamat, NASAdan SpaceX Cetak Sejarah

Porospro.com - Astronaut NASA, Bob Behnken dan Doug Hurley, kembali ke Bumi dengan selamat. Kapsul Crew Dragon SpaceX yang membawa keduanya mendarat dengan selamat di lepas pantai Pensacola, Teluk Meksiko, Minggu (2/8/2020).

Behnken dan Hurley tiba di ISS pada akhir Mei setelah peluncuran yang lancar. Jadwal kepulangan mereka ke Bumi awalnya tidak pasti karena adanya badai besar di sepanjang pantai Florida.

Namun akhirnya Crew Dragon berangkat dari ISS pada Sabtu (1/8/2020) 16:35 PT. Ada tujuh lokasi potensial pendaratan di Teluk Meksiko dan Samudra Atlantik untuk dipilih. Lepas pantai Pensacola, Florida yang kemudian terpilih.

Pada pukul 13.51 waktu setempat, kapsul membuang 'belalainya' yang berisi energi, panas, dan sistem lainnya. Selang beberapa waktu melontarkan pendorongnya untuk bermanuver sendiri ke orbit dan lintasan yang tepat untuk pendaratan.

Pukul 14.32, kapsul memasuki atmosfer dengan kecepatan 17.500 mph (28.000 kph). Ini menimbulkan pemanasan hebat mencapai 1.927 derajat Celcius.

Setelah mencapai ketinggian tertentu, Crew Dragon mengerahkan serangkaian parasut untuk membantu memperlambat kecepatan sebelum pendaratan di air.

Kendati diliputi kekhawatiran terhadap badai, untungnya cuaca bertahan dengan baik. Ini memberikan astronaut air yang tenang untuk mendarat.

Tepat pukul 14.48 waktu setempat kapsul Crew Dragon mendarat mulus di air. Kedatangannya ternyata disambut banyak kapal pribadi mengelilingi lokasi pendaratan untuk menyaksikan momen mendebarkan itu.

Kapal pemulihan SpaceX bernama GO Navigator langsung mendekat ke lokasi untuk mengambil kapsul, kru dan parasut. Para astronaut memberikam tanda jempol ketika mereka didorong dari kapsul dengan dengan tandu - prosedur normal sebagai astronaut menyesuaikan dengan gravitasi Bumi.

"Terima kasih telah melakukan bagian yang paling sulit dan bagian terpenting dari luar angkasa manusia - membawa kami ke orbit dan membawa kami pulang," kata Behnken yang pertama kali keluar dari kapsul. "Terima kasih banyak atas kapal Endeavour yang baik. "

Hurley keluar beberapa saat kemudian. "Bagi siapa pun yang menyentuh Endeavour, Anda harus meluangkan waktu untuk menghargai hari ini mengingat semua yang terjadi tahun ini," katanya.

Setelah dievakuasi, Hurley dan Behnken langsung dilakukan perekaman medis sebelum dibawa ke daratan. Kedua astronaut NASA ini dijadwalkan terbang kembali ke Houston pada Minggu (2/8/2020) untuk dipersatukan kembali dengan keluarga mereka.

Cetak Sejarah

Kesuksesan pendaratan Crew Dragon ini mengukir banyak sejarah baru pada penerbangan ruang angkasa Amerika Serikat.

"Hari ini kami benar-benar membuat sejarah. Kami memasuki era baru angkasa luar angkasa manusia," kata Jim Bridenstein, Administrator NASA mengatakan pada konferensi pers, seperti dilansir The Washington Post.

Gwynne Shotwell, Presiden dan Chief Operating Officer SpaceX menyebutnya 'misi luar biasa'.

"Ini benar-benar hanya permulaan," katanya. "Kami memulai perjalanan membawa orang secara teratur ke dan dari orbit Bumi yang rendah, lalu ke bulan dan akhirnya ke Mars."

Ya ini adalah penerbangan uji coba Crew Dragon terakhir. Setelah SpaceX menerima sertifikasi NASA, penerbangan di masa depan akan menjadi misi reguler yang membawa astronaut ke ISS.

Untuk NASA sendiri ini adalah pertama kalinya dalam 59 tahun sejarah perjalanan antariksa Amerika yang diawaki para astronot menggunakan teluk sebagai tempat pendaratan. Selain itu misi ini adalah langkah besar ke depan untuk Program Kru Komersial yang dapat memungkinkan lebih banyak penerbangan dan biaya lebih rendah.

 

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar