Belum Dibangun Tapi Sudah Digusur, Kasihan Mumbai Eye

Belum Dibangun Tapi Sudah Digusur, Kasihan Mumbai Eye

Porospro.com - India berencana untuk membangun sebuah replika ikonik dunia. Pilihannya jatuh pada bianglala London Eye, namun belum dibangun sudah ada masalah.

Mumbai Eye, itulah nama dari dari replika London Eye di India. Rencananya Mumbai Eye akan dibangun di lahan seluas 15, hektar di situs reklamasi Bandra, Kota Mumbai.

Namun Otoritas Pengembangan Wilayah Metropolitan Mumbai (MMRDA) menyimpulkan bahwa lokasi proyek tersebut tidak memadai. Padahal MMRDA telah mengadakan tender untuk proyek ini.

Tak tanggung-tanggung, ada dua puluh tiga penawar dari seluruh dunia yang sudah menyatakan minatnya di tender ini. Rasanya belum dibangun tapi sudah digusur.

Sebenarnya pembangunan Mumbai Eye sudah direncanakan dari 13 tahun lalu. Mumbai Eye dirancang untuk menjadi obyek wisata utama di situs reklamasi tersebut.

Menurut tender global, konsultan proyek harus mengidentifikasi lokasi lain seusai dengan proyek tersebut. Kini MMRDA sedang mencari lokasi alternatif untuk Mumbai Eye.

"Konsultan harus mempelajari proyek dan kelayakan dan menyarankan plot baru, setelah itu MMRDA akan berbicara dengan Pemerintah Negara Bagian dan akan mencoba membuat plot baru yang tersedia untuk proyek tersebut," ujar BG Pawar, Direktur Proyek Bersama dan juru bicara MMRDA.

Sebelumnya saat pra lelang di bulan Februari, sudah ada 16 perwakilan yang tidak setuju dengan wilayah pembangunan Mumbai Eye. Situs reklamasi dianggap tidak sesuai dengan Mumbai Eye.

Mungkin maksud hati ingin seperti Dubai yang berhasil membangun The Ain yang juga replika dari London Eye. The Ain sendiri berada di Pulau Atlantis yang masuk dalam situs reklamasi Dubai.

 

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar