Mark Zuckerberg Berencana akan Singkirkan iPhone

Mark Zuckerberg Berencana akan Singkirkan iPhone

Porospro.com - iPhone adalah salah satu perangkat paling ikonik yang pernah dibuat dan menjadi produk terpenting Apple. Tetapi akan ada masanya ketika jenis perangkat yang berbeda akan menggantikan iPhone dan smartphone pada umumnya. Demikian menurut CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Dalam wawancaranya dengan YouTuber teknologi Marques Brownlee, Zuck menyinggung gambaran masa depan semacam itu saat membahas bagaimana Facebook sangat serius mengembangkan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Ternyata, itulah yang diimpikan Zuck di masa depan untuk kacamata AR dan VR, dan di area itulah dia akan mengerahkan upayanya dalam beberapa tahun mendatang.

Zuck mengatakan bahwa dunia mendapatkan gebrakan platform teknologi baru setiap 15 tahun. Masing-masing memberikan pengalaman yang lebih mengesankan, dan memungkinkan kita punya pengalaman berkomunikasi yang lebih baik.

"Ponsel di saku kita saat ini sudah sangat luar biasa. Kita punya komputer yang powerful ada di saku. Ponsel ini mampu menarik kita dari dunia sekitar hanya dengan layar yang relatif kecil. Tetapi ini belum berakhir," kata Zuck seperti dikutip dari BGR.

"Berbicara tentang platform generasi berikutnya, inti dari VR dan AR adalah bahwa kita perlu memiliki teknologi yang memberikan 'rasa' kehadiran, perasaan bahwa kita benar-benar ada di sana dengan orang lain, dan bermacam sensasi berbeda yang biasanya terjadi jika berkomunikasi langsung," sambung Zuck.

Disebutkannya, VR dan AR akan menawarkan pengalaman baru yang lebih imersif kepada pengguna, dibandingkan dengan pengalaman yang semuanya berpusat pada layar seperti yang tersedia saat ini. Dengan ponsel, tablet, dan TV, kita meyakinkan otak bahwa kita berada di tempat lain. VR dan AR akan membuat pikiran percaya bahwa kita berada di tempat lain. Perangkat ini akan dapat memproyeksikan orang dan objek secara real-time, dan melibatkan indera lain, termasuk suara dan sentuhan.

"Kacamata AR akan menjadi kacamata normal yang terlihat bagus, bukan yang sangat tebal seperti yang kita lihat sekarang. Perangkat ini akan digunakan orang-orang sepanjang hari, digunakan untuk memproyeksikan hologram ke dunia," ujarnya.

Visi orang nomor satu di Facebook ini memang terdengar masuk akal. Di situlah Zuck berpikir bahwa di masa depan, perangkat dengan layar tidak lagi diperlukan. Perangkat seperti iPhone dan smartphone pada umumnya, TV, dan tablet, akan tersingkir karena semuanya bisa menjadi hologram digital yang membutuhkan layar fisik.

Mendengar Zuck berbicara mengenai prediksi kematian smartphone dan iPhone tampaknya cukup serius karena sejumlah alasan. Tak hanya Zuck, sejumlah perusahaan yang mengembangkan teknologi VR dan AR juga punya pemikiran yang sama, menganggap keduanya adalah masa depan. Mungkin karena itu juga Apple juga mengembangkan kacamata AR dengan desain yang lebih menarik, jauh sebelum yang lain dapat mengalahkannya di arena ini.

 

Sumber: detik.com

 

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar