Dianggap Mahal, Gara-gara Ini Obat Corona Kalbe Farma Dijual Rp 3 Juta

Dianggap Mahal, Gara-gara Ini Obat Corona Kalbe Farma Dijual Rp 3 Juta

Porospro.com - Harga antivirus Covifor (remdesivir) untuk pasien COVID-19 yang didistribusikan oleh PT Kalbe Farma Tbk dianggap kemahalan. Obat yang diimpor dari perusahaan asal India, Hetero itu dibanderol Rp 3 juta per dosis.

Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius buka suara atas hal tersebut. Dia menjelaskan harga yang dilepas ke Indonesia tergantung dengan volume barang yang diimpor.

"Produk Covifor saat ini masih diimpor oleh PT Amarox (anak perusahaan dari Hetero India) dan faktor harga selalu berbanding lurus dengan jumlah unit atau volume yang ada. Saat ini di tahap awal volume masih kecil," kata dia melalui pesan singkat kepada detikcom, Jumat (2/10/2020).

Pihaknya memperkirakan harga dapat disesuaikan setelah volume barang bertambah lebih banyak dibandingkan yang dipasok pada tahap pertama ini.

"Kalbe memperkirakan setelah volume bertambah maka harga tersebut akan disesuaikan oleh Hetero India selaku produsen," sebutnya.

Vidjongtius menjelaskan obat tersebut tidak dijual bebas lantaran izin edarnya untuk penggunaan emergensi sehingga harus berada di bawah pengawasan dokter.

"Covifor izin edarnya dengan penggunaan emergensi (Emergency Use Authorization), jadi harus di bawah konsultasi dengan dokter di rumah sakit," kata dia.

Sementara obat yang beredar bebas memiliki izin yang berbeda. Oleh karena itu remdesivir untuk pasien virus Corona tak bisa digunakan sembarangan.

"Jadi sangat berbeda dengan izin edar untuk obat resep yang lain ataupun izin edar untuk obat bebas (OTC)," jelasnya.

Dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Erlina Burhan sebelumnya menjelaskan cara pemberian obat tersebut melalui infus dan berlangsung selama 5 sampai 10 hari.

"Pemberiannya juga diberikan melalui infus. Hari pertama adalah 200 mg, hari berikutnya bisa sampai 5 hari atau 10 hari sebanyak 100 mg saja. Tentu saja mengharapkan bahwa ke depannya remdesivir ini akan memberikan efektivitas yang baik dan juga aman untuk pasien-pasien COVID kita," kata dia dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/10/2020).

 

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar