Begini Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Disaat Galau

Begini Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Disaat Galau

Porospro.com - Pikiran yang tenang akan membuat hidup lebih bahagia. Itulah sebabnya banyak orang yang merasa hidupnya terganggu ketika pikirannya bermasalah, atau dengan kata lain, stres. 

Lantas, harus bagaimana agar tidak stres? Adakah cara menenangkan pikiran dan hati agar tidak terus-menerus terjebak dalam kondisi gundah gulana? 

Ada! Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menenangkan pikiran dan hati:

1. Atur Irama Napas

Cobalah atur napas Anda untuk menciptakan ketenangan pikiran. Jika Anda biasanya mengambil napas pendek dan cepat, cobalah untuk bernapas lebih lambat dan lebih dalam. 

Letakkan tangan di atas perut. Rasakan perut yang naik dan mengembang saat Anda menarik udara, dan perut yang akan kembali kempis saat mengeluarkannya. Lakukan dengan relaks agar pikiran dan suasana hati Anda bisa ikut tenang.

2. Olahraga

Hanya dengan 5 menit latihan aerobik seperti jalan cepat, pikiran Anda bisa menjadi lebih tenang. 

Olahraga bisa melepaskan endorfin, yakni hormon yang tugasnya meningkatkan suasana hati, fokus, dan kualitas tidur. 

Itulah sebabnya, olahraga yang dilakukan secara rutin sangat baik untuk mewujudkan ketenangan pikiran dan suasana hati.

3. Dengarkan Musik

Mendengarkan musik berarti mengurangi jumlah neuron yang terbakar di amygdala, yakni bagian otak yang merespons rasa takut. Itu sebabnya musik dapat menenangkan Anda saat merasakan sakit.

Dengarkan musik baik-baik, nikmati irama dan liriknya. Semakin Anda menghayati, semakin sedikit pula kemungkinan untuk memikirkan hal lain yang membebani pikiran.

4. Membantu Orang Lain

Melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain akan membuat Anda merasakan sebuah kebahagiaan, menurunkan stres, dan mengurangi perasaan kesepian. 

Menolong orang lain dapat pula meningkatkan kesehatan jantung dan respons imun tubuh, lho. Dengan ini, daya tahan tubuh Anda pun akan meningkat.

5. Membayangkan Tempat Favorit

Pikirkan tempat favorit, baik yang nyata atau sekadar imajinasi Anda. Pilih tempat yang bisa membuat Anda merasa tenang dan bahagia. 

Misalnya, suasana pantai saat matahari terbenam, kursi yang nyaman di depan perapian, atau aliran air di hutan. Fokuslah pada setiap detailnya. 

Rekaman audio suara air mengalir atau suara deburan ombak juga dapat membantu Anda tenggelam dalam situasi yang nyaman sehingga pikiran dan suasana hati bisa ikut relaks.

6. Menikmati Alam

Menikmati alam dapat membuat pikiran lebih jernih, serta merasa lebih santai dan segar. Otak bisa bekerja lebih mudah ketika berada di lingkungan yang lebih hijau, lho!

Faktanya, anak-anak dengan ADHD mampu berkonsentrasi lebih baik setelah 20 menit bermain di taman yang hijau. 

Tak hanya itu, menghabiskan waktu di luar ruangan juga dapat menurunkan detak jantung, tekanan darah, hormon stres, dan bahkan ketegangan otot.

7. Berkebun

Bukan sekadar menikmati berbagai variasi tanaman, berkebun juga bisa membuat pikiran tenang. 

Tanah itu sendiri memiliki mikroorganisme yang dapat membantu Anda fokus dan memperbaiki suasana hati. Jadi, jangan ragu untuk memulai berkebun di rumah, ya!

8. Berkreasi Membuat Sesuatu

Kegiatan memasak, mewarnai, merajut, menjahit, dan membuat tembikar dapat menciptakan pikiran yang sibuk. 

Tindakan sederhana dan berulang-ulang, seperti menguleni adonan dapat pula membantu mengarahkan pikiran Anda dan menghilangkan berbagai pikiran buruk di kepala.

Dalam hal ini, biarkan batin Anda yang bermain. Kuncinya adalah menikmati prosesnya dan tidak terlalu khawatir dengan hasil akhirnya.

9. Mengistirahatkan Pikiran

Merasa pikiran melaju kencang atau berputar-putar sehingga menyebabkan pusing? Cobalah untuk meregangkan badan, berjalan-jalan, atau mengobrol dengan teman tanpa memikirkan hal yang berat. 

Luangkan setidaknya 5 menit untuk mengisi ulang dan mengatur pikiran Anda, agar lebih terpusat dan jernih.

10. Membaca Buku 

Membaca buku adalah salah satu cara menenangkan pikiran yang baik. Kegiatan ini membuat Anda berusaha memfokuskan pikiran untuk mencerna isi buku tersebut. 

Sebuah studi pada tahun 2009 yang dilakukan oleh University of Sussex menemukan, membaca dapat mengurangi stres sampai dengan 68 persen. 

Faktanya, membaca dapat membawa imajinasi dan pikiran Anda ke tempat lain, yang sekaligus memperkaya pengetahuan.

11. Meditasi 

Meditasi dapat membantu Anda untuk menenangkan pikiran. Apabila dilakukan secara teratur, meditasi juga dapat membantu Anda menjadi pribadi yang lebih kuat dalam menghadapi pemicu stres.

Sebuah studi yang meliputi 47 penelitian menunjukkan, meditasi dapat membantu masalah kecemasan, depresi, dan stres.

12. Tidur Cukup

Kurang tidur dapat mempengaruhi fungsi tubuh. Kurang tidur dapat menyebabkan energi turun, suasana hati menjadi negatif, dan kurangnya kemampuan berkonsentrasi. 

Menurut laporan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), orang yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam memiliki risiko depresi yang lebih tinggi. 

Atas dasar itu, usahakan untuk mencukupi waktu tidur setiap hari. Tidurlah di jam yang sama setiap harinya. 

Anda juga dapat berdoa, membaca buku, atau meditasi sebelum tidur. Jauhkan gawai dan alat elektronik lain, agar kualitas tidur dapat optimal.

Lakukan cara menenangkan hati dan pikiran seperti yang telah dijelaskan dengan saksama. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko stres hingga depresi, dan aktivitas pun tak akan terganggu.

Sumber: klikdokter.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar