Bupati Inhil Ajak Masyarakat Gunakan Aplikasi New PLN Mobile

Bupati Inhil Ajak Masyarakat Gunakan Aplikasi New PLN Mobile

Porospro.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan sangat mendukung upaya mendongkrak Aplikasi New PLN Mobile ini di tengah-tengah masyarakat. Pernyataan itu disampaikan Bupati melalui awak media, Senin lalu.

Dia berpendapat, hadirnya pelayanan melalui digitalisasi di wilayah Kabupaten seluas lebih dari 11 ribu kilometer kuadrat ini merupakan solusi baru. Pastinya menjadi solusi dari berbagai masalah kelistrikan.

"Semoga dengan Aplikasi New PLN Mobile, masalah dan kesulitan masyarakat dalam pelayanan PLN segera dapat diatasi dalam waktu yang singkat, cepat dan efektif," katanya.

Untuk itu, orang nomor satu di Kabupaten Inhil ini mengajak kepada masyarakat segera mengunduh Aplikasi New PLN Mobile agar mendapatkan pelayanan kelistrikan lebih baik lagi kedepannya.

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk segera memanfaatkan Aplikasi ini, guna terwujudnya layanan PLN yang lebih baik dan maksimal," tuturnya.

Sebelumnya, Manajer PLN ULP Tembilahan, M Hosen menyebutkan bahwa akan terus menyosialisasikan Aplikasi New PLN Mobile. Bahkan pihaknya telah melakukan sejak awal tahun 2021 dengan cara langsung ke rumah-rumah pelanggan.

Berdasarkan data pertanggal 16 Juni 2021, baru 14.841 tercatat sebagai pengguna New PLN Mobile. Sedangkan jumlah pelanggan sudah mencapai 150.936 pelanggan. Jumlah itu khusus di bawah kendali PLN ULP Tembilahan dan PLN ULP Kuala Enok.

Jika diterincikan, maka dari total 150.936 pelanggan, tercatat 104.000 merupakan pelanggan dari PLN ULP Tembilahan, namun yang menggunakan Aplikasi New PLN Mobile baru 8.756 pengguna.

Kemudian 46.936 pelanggan lainnya adalah di bawah kendali dari PLN ULP Kuala Enok, dan yang menggunakan layanan berbasis aplikasi ini baru 6.085 pengguna.

Sekali lagi, data itu dikecualikan bagi pelanggan di luar kendali PLN ULP Tembilahan dan PLN ULP Kuala Enok. Pasalnya, ada beberapa wilayah yang langsung ditangani oleh Unit Rengat, seperti pelanggan wilayah Kecamatan Kemuning, Kecamatan Keritang, dan sebagian pelanggan dari Kecamatan Kempas.

PLN ULP Tembilahan saat ini hanya mencakup wilayah Kecamatan Tempuling, Tembilahan Hulu, Tembilahan, Batang Tuaka, GAS, Gaung, Mandah, Pelangiran, Kateman, Pulau Burung, Concong, dan Kuala Indragiri (Kuindra).

Sedangkan PLN ULP Kuala Enok baru mencakup sebagian wilayah Kecamatan Kempas, sebagian di Tempuling, Enok, Tanah Merah, Sungai Batang, dan sebagian lagi di wilayah Kecamatan Kuindra.

"Sosialisasi ini kita lakukan dengan cara door to door setiap hari. Bahkan setiap ada kesempatan, contoh saja sedang ngopi-ngopi santai," katanya.

Aplikasi ini, terangnya, merupakan layanan berbasis digitalisasi yang diyakini mampu memudahkan para pelanggan. Bahkan tidak hanya pelanggan, petugas PLN sendiri juga akan terbantu. Sebab segala aduan yang ada, melalui New PLN Mobile akan lebih cepat diterima.

Upaya mendongkrak layanan dalam satu genggaman tidak sebatas pelanggan dalam ibu kota saja. Unit ini juga menyosialisasikan sampai kepada pelanggan di sisi Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Contoh di kecamatan wilayah Inhil bagian utara.

"Pengguna PLN Mobile ada dari Pulau Burung, dan dari Kateman. Intinya memang kita sosialisasikan sampai sana," tuturnya.

Senada, Manajer PLN ULP Kuala Enok, Bobby Kristanto juga menyatakan hal serupa. Pada intinya, kedua unit dibawah kendali PLN UP3 Rengat ini sedang gencar-gencarnya mengajak pelanggan menggunakan Aplikasi berukuran 10 MB tersebut.

Sebab itu, maka dapat dipastikan statistik pengguna Aplikasi New PLN Mobile akan terus meningkat. Selain sosialisasi door to door, PLN juga merebak melalui media pemberitaan dan medis sosial.

Bersempena dengan Milad Kabupaten Inhil ke-56 tahun 2021, pelanggan PLN di wilayah pesisir Provinsi Riau ini diharapkan untuk segera menggunakan aplikasi yang diluncurkan Desember 2020 itu.

Dilansir dari layanan.pln.co.id, ternyata aplikasi PLN Mobile ini bukan hal yang baru. Di situs itu jelas bahwa PLN sudah meluncurkan pada 31 Oktober 2016 lalu, bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-71. Namun kali ini, aplikasi PLN Mobile mengalami pengembangan demi memberi layanan maksimal ke masyarakat. (Adv)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar