SMK Swasta Pemda Rantauprapat Adakan MOU Pendidikan Dengan HAR Motor

SMK Swasta Pemda Rantauprapat Adakan MOU Pendidikan Dengan HAR Motor

Porospro.com - Untuk menghadapi tantangan dunia kerja, SMK Swasta Pemda Rantauprapat adakan penandatanganan MOU ( Memorandum of Understanding ) pendidikan dengan HAR Motor di Kantor HAR Motor Jl. Sisingamaraja Rantauprapat, Labuhanbatu Senin (31/01/2022).

Penandatangan MOU ini ditandatangani oleh Kepala SMK Swasta Pemda Rantauprapat Drs.Bahder Johan Lumbangaol di damping oleh Wakasek Humas Awaluddin Siregar,ST,MP , KTU Muhammad Fitra,SE, dan Perusahaan HAR Motor Khairul Ahmad Dalimunthe.

MoU ini bertujuan untuk mewujudkan kerjasama Pihak SMK Swasta Pemda Rantauprapat dengan Perusahaan, Dunia Usaha dan Dunia Industri.
Siswa SMK Swasta Pemda Rantauprapat diberi kesempatan untuk menerapkan  ilmu dan keterampilannya di Bengkel-bengkel Perusahaan tersebut, mereka bekerja sekaligus mendapat bimbingan untuk memperdalam ilmu dan keterampilannya dari Pembimbing di Perusahaannya. Untuk kegiatan Ujian Kompetensi Keahlian ( UKK ) dari pihak Perusahaan akan datang ke bengkel sekolah sebagai Penguji Eksternal.
Demikian juga untuk kegiatan ekstra kurikuler (Ekskul) untuk memperdalam ilmu dan keterampilan siswa pihak Perusahaan diharapkan menyediakan tenaga sebagai guru tamu di sekolah.

Kepala SMK Swasta Pemda Rantauprapat Drs.Bahder Johan Lumbangaol, dalam penandatanganan MoU ini mengatakan,” Dengan adanya MoU dengan Perusahaan HAR Motor ini, harapannya SMK Swasta Pemda Rantauprapat bisa menjalin silaturahmi dan hubungan yang baik dengan perusahaan HAR Motor ini. Kami juga berharap, setelah ada program Prakerin dan magang nanti, akan melahirkan siswa siswi dengan keahlian sesuai jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan siap untuk terjun di dunia kerja yang sesungguhnya.

Selanjutnya Pak BJ menyampaikan SMK Swasta Pemda Rantauprapat adalah salah satu SMK Swasta terbaik di Kabupaten Labuhanbatu. Sehingga diharapkan SMKS Pemda Rantauprapat harus mampu menghasilkan lulusan yang kompeten pada kompetensi keahlian tertentu dan terserap di dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja serta dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

Program Kerjasama MOU ini akan terus berlanjut yang Berkolaborasi dengan perusahaan HAR Motor.  Menurutnya, ini merupakan bagian dari bentuk dukungan terhadap Program kerja Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga,M.KM dan Hj.Ellya Rosa Siregar,S.pd.MM di bidang Pendidikan untuk menciptakan lapangan kerja bagi alumni SMK Swasta Pemda Rantauprapat. Ini juga bagian bentuk dukungan kita terhadap program kerja Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu untuk menciptakan masyarakat  melalui dunia pendidikan yang Berkarakter, Maju dan Sejahtera Tahun 2024,” tutupnya.

Pimpinan Perusahaan HAR Motor Khairul Ahmad Dalimunthe, mengatakan “ Terima kasih atas kunjungan dan kerjasama MOU Sekolah SMK Swasta Pemda Rantauprapat dibawah kepemimpinan Bapak Drs,Bahder Johan Lumbangaol, dimana Kerjasama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) HAR Motor merupakan strategi pembelajaran dan bisnis yang dapat memberikan keuntungan kedua belah pihak. 

“Dimana siswa SMK Swasta Pemda Rantauprapat telah melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin) di HAR Motor, Program ini merupakan bagian dari program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh setiap peserta didik di dunia kerja, sebagai wujud nyata dari pelaksanaan sistem pendidikan di SMK yaitu Pendidikan Sistem Ganda (PSG).” katanya.

“Secara terapan, tujuan PSG adalah menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja. Kerjasama sekolah dengan DUDI sebagai keberhasilan kerjasama dalam program prakerin. Untuk menjalin adanya kerjasama dalam meningkatkan keberhasilan lulusan SMK kedepannya. Agar program prakerin dapat berhasil maka SMK dituntut untuk memiliki kemampuan dan kemauan yang profesional dalam bidang bekerja.” tandasnya. (Jerri)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar