RSUD Puri Husada Tembilahan Gelar Penyuluhan tentang Tuberkulosis

RSUD Puri Husada Tembilahan Gelar Penyuluhan tentang Tuberkulosis

Porospro.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan menggelar penyuluhan tentang Tuberkulosis di  Poliklinik Gedung Baru RSUD Puri Husada Tembilahan, Kamis (24/03/2022).

Tampil sebagai narasumber saat itu adalah Dokter Spesialis Paru RSUD Puri Husada Tembilahan, dr Aleksis Sp P, dan diikuti sejumlah pasien yang melakukan perawatan jalan.

Kegiatan tersebut merupakan hari Puncak Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia. Kendati demikian, dr Aleksis memaparkan berbagai persoalan tentang Tuberkulosis tersebut.

"Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis, bukan penyakit keturunan, bukan disebabkan oleh kutukan atau karena guna-guna. Kuman TB dapat menyerang hampir semua bagian tubuh, yang paling sering terkena adalah paru," paparnya.

Menurutnya, TB ini dapat menyerang kepada siapa saja, terutama usia produktif atau masih aktif bekerja dari usia 15 sampai 50 tahun dan anak-anak.

Naasnya lagi, TB ini dapat menyebabkan kematian apabila tidak diobati, 50 persen dari pasien TB akan meninggal setelah 5 tahun.

Gejala utamanya adalah batuk disertai dahak bercampur darah, sesak nafas dan rasa nyeri di dada.

Gejala tambahannya adalah badan lemah, nafsu makan menurun, berat badan turun, rasa kurang enak badan. Kemudian, berkeringat malam walaupun tanpa kegiatan, demam meriang, dan beberapa lainnya.

"TB itu dapat menular, terutama bila dalam dahak pasien ditemukan kuman TB," pungkasnya. (Advertorial)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar